get app
inews
Aa Read Next : Jumat Ini, PBNU Serukan Salat Gaib untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

Erdogan Kembali Menang, Sebut Abad Turki Bakal Dimulai

Senin, 29 Mei 2023 | 08:20 WIB
header img
Recep Tayyip Erdogan kembali menangi pemilihan. (Foto: Reuters/iNews.id)

ANKARA, iNewsPurwokerto.id – Putaran kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) di Turki telah menghasilkan pemenangnya. Recep Tayyip Erdogan, presiden petahana, berhasil memenangkan pemilu tersebut.

Erdogan menyatakan bahwa setelah kemenangannya dalam pilpres, "abad Turki" akan dimulai. "Dengan kemenangan besar Turki... Biarkan abad Turki dimulai!" cuit Erdogan melalui akun Twitter-nya pada Senin (29/5/2023).

Tahun ini, Turki akan memasuki usia 1 abad sejak negara ini secara resmi dideklarasikan sebagai republik, menggantikan Kesultanan Utsmaniyah (Ottoman) pada tanggal 29 Oktober 1923.

Dalam pidatonya di hadapan para pendukungnya di kediamannya di Ankara pada Minggu (28/5/2023) malam, Erdogan menyatakan bahwa hasil pilpres kali ini adalah kemenangan bagi bangsa Turki.

"Pemenangnya adalah bangsa kita sendiri dalam segala segmennya. Pemenangnya adalah demokrasi kita," ujarnya.

"Ingatlah, kami selalu mengatakan bahwa tidak seorang pun di negara kita akan menderita kekalahan jika kita menang," tambahnya.

Pemungutan suara untuk putaran kedua pilpres di Turki berlangsung pada hari Minggu yang lalu. Dalam putaran ini, Erdogan bersaing dengan calon presiden dari kubu oposisi, Kemal Kilicdaroglu.

Erdogan berhasil keluar sebagai pemenang dengan perolehan suara sebesar 52,14 persen. Sementara itu, Kilicdaroglu mendapatkan 47,86 persen suara, menurut data yang dirilis oleh Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK).
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut