get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Banyumas Raih Kehumasan Terbaik Kedua di Jawa Tengah

1.204 Calon Haji Diberangkatkan, Bupati: Titip Doakan Masyarakat Banyumas

Sabtu, 03 Juni 2023 | 14:19 WIB
header img
Sebanyak 1.204 jamaah calon haji dilepas oleh Bupati Banyumas Achmad Husein di Pendopo Si Panji Purwokerto, Sabtu (3/6/2023). Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Sebanyak 1.204 jamaah calon haji dilepas oleh Bupati Banyumas Achmad Husein di Pendopo Si Panji Purwokerto, Sabtu (3/6/2023). Nantinya, para jamaah tersebut akan dibagi menjadi lima kloter dan diberangkatkan pada tanggal 14-15 Juni mendatang.

"Titip doakan masyarakat Banyumas untuk selalu sehat, makmur, aman, tentram dan damai," kata Husein dalam keterangannya.

Husein juga berpesan kepada para jamaah untuk selalu bersikap istiqomah dan tawadhu sebagai tamu Allah dengan memantapkan niat serta menjaga hati untuk tulus, ikhlas dan tetap menjaga kesehatan.

"Jangan lupa melakukan orientasi lapangan untuk mengenal dan memahami lingkungan sekitar pondok/hotel. Itu penting, agar nantinya tidak terjadi ‘keder’ atau lupa arah," katanya.

Husein juga menekankan pentingnya untuk selalu melapor kepada ketua regu ketika berpergian dan menyarankan untuk tidak berpegian sendiri. Kepada para jamaah juga dihimbau untuk membawa bekal secukupnya, mengingat suhu di Tanah Suci saat ini relatif panas. 

Selain itu, Husein juga meminta agar jamaah memperbanyak air putih untuk menghindari dehidrasi, dan jangan lupa untuk memakai gelang pengenal yang terdapat kode batang (barcode), sehingga ketika ada yang tersesat dapat mudah dikenali.

Perwakilan jamaah, Ibnu Hasan mengucapkan rasa terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Banyumas karena telah dengan baik melayani dan menyiapkan segala proses pemberengkatan.

“Kami mohon doa kepada seluruh warga Banyumas, khususnya Bapak dan Ibu Bupati bersama Forkopimda agar kami dapat menjalankan ibadah dengan lancar dari pemberangkatan hingga kembali,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Banyumas Ibnu Asadudin mengatakan jumlah jamaah calon haji Banyumas mencapai 1.204 orang yang terbagi dalam beberapa kelompok terbang (kloter) dan akan diberangkatkan mulai 14 Juni 2023.

"Insya Allah sehat semua dan siap berangkat. Petugas hajinya juga sehat semua," ujarnya.

Namun ia mengaku masih was-was terhadap 35 orang calon jamaah haji asal Banyumas yang sebelumnya masuk daftar cadangan dan rencananya akan diberangkatkan bersama kloter sapu jagat yang belum diketahui akan bergabung dengan Kabupaten mana. 35 orang calon jamaah haji tersebut sudah dibekali meskipun hanya dalam waktu dua hari.

"Mudah-mudahan bisa mengikuti karena sebagian besar non-KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah)," jelasnya.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut