get app
inews
Aa Read Next : Inikah Daftar 50 Anggota DPRD Terpilih Banyumas?

Dinkes Banyumas Siap Jadi Support System Utama Sistem Rujukan BPJS Kesehatan

Selasa, 27 Juni 2023 | 11:09 WIB
header img
Dinkes Banyumas mendukung sistem rujukan yang telah dijalankan BPJS Kesehatan dan meminta fasilitas kesehatan lebih aware terhadap pentingnya peningkatan kualitas pelayanan. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Widya Grehastuti mendukung sistem rujukan yang telah dijalankan BPJS Kesehatan dan meminta fasilitas kesehatan lebih aware terhadap pentingnya peningkatan kualitas pelayanan dari fasilitas kesehatan kepada masyarakat, khususnya peserta JKN.

“Kami dari Dinas Kesehatan berupaya menyelaraskan fasilitas kesehatan di Kabupaten Banyumas dalam pengelolaan sistem rujukan. Tentunya, kami juga memerlukan peran Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) untuk dapat mengoptimalkan kelompok staf medis yang ada dalam pelaksanaan sistem rujukan,” ujar Widya pada kegiatan Forum Group Discussion Sistem Rujukan dan Program Rujuk Balik (PRB) Puskesmas dan Rumah Sakit Wilayah Banyumas di Purwokerto. 

Dia menambahkan, secara bertahap Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas akan memperbarui keilmuan tenaga medis yang ada di FKTP untuk meningkatkan kompetensi yang berkaitan dengan sistem rujukan, termasuk sistem pasca rujuk balik.

“Ayo semua bersama-sama kita tingkatkan kompetensi untuk menjadi gatekeeper sistem pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi. Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas akan menjadi support system utama untuk kita semua, baik fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan, dan masyarakat,” ajak Widya.

Untuk itu, Widya mengajak seluruh fasilitas kesehatan untuk berkomitmen mengimplementasikan transformasi mutu layanan. Upaya ini akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pasien dalam proses pengobatan di fasilitas kesehatan.

“Mohon kesepakatan dari fasilitas kesehatan semua, kita saling intropeksi diri untuk meningkatkan layanan kesehatan dan meningkatkan kompetensi kita. Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas akan selalu mendampingi dan menyelaraskan ketentuan yang ada. Semoga masyarakat selalu dan lebih percaya dengan pelayanan kesehatan yang diberikan FKTP dan FKRTL,” tuturnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut