get app
inews
Aa Read Next : Inilah Hasil Lengkap Kualifikasi Euro 2024, Portugal dan Spanyol Berjaya

Inilah 6 Laga 6 Italia Vs Spanyol Paling Dikenang

Selasa, 06 Juli 2021 | 19:49 WIB
header img
6 pertandingan Italia vs Spanyol paling dikenag pecinta sepak bola. (Foto: UEFA)

LONDON, iNews.id - Duel klasik Timnas Italia kontra Spanyol di semifinal Euro 2020 ditunggu-tunggu banyak pecinta sepak bola. Kedua tim bersua di Wembley, London, Inggris, Rabu (7/7/2021) pukul 02.00 WIB dan disiarkan RCTI dan iNewsTV.

Sejarah mencatat kedua tim sudah bertemu 10 kali di turnamen besar yakni Piala Dunia dan Euro. Namun ada enam di antaranya yang paling dikenang.

1. Perempat Final Piala Dunia 1934: Italia 1-1 Spanyol; Italia 1-0 Spanyol (replay)

Bentrokan kedua tim di turnamen besar, pertama kali terjadi di Piala Dunia 1934 dengan skor akhir 1-1 di Florence. Spanyol mampu mencetak gol melalui Luis Regueiro, sementara gol Italia disumbang Giovanni. Pada saat itu belum ada aturan mengenai babak tambahan setelah laga imbang, apalagi adu penalti. Untuk menentukan pemenang, diadakan pertandingan ulang. Giuseppe Meazza mencetak gol untu tuan rumah Italia. Spanyol yang melakukan tujuh pergantian pemain sebenarnya mampu mencetak dua gol, namun gol dianulir membuat mereka teringkir dari turnamen.

2. Fase Grup Euro 1988: Italia 1-0 Spanyol

Pertempuran taktis tertinggi tersaji di Frankfurt, Jerman, di mana bek Italia berusia 19 tahun Paolo Maldini, memainkan peran penting. Pemain muda AC Milan itu membuat pemain sayap kebanggaan Spanyol, Michel harus keluar dari pertandingan, dan membuka jalan untuk satu-satunya gol di pertengahan babak kedua. Gol tercipta setelah Carlo Ancelotti mengirim umpan ke Alessandro Altobelli, yang melakukan tipuan, sehinga Gianluca Vialli melakukan tendangan rendah melewati Andoni Zubizarreta.

3. Perempat Final Piala Dunia 1994: Italia 2-1 Spanyol

Laga panas terjadi di Boston, Amerika Serikat. Tendangan jarak jauh Dino Baggio membawa Italia keunggulan, pertandingan lebih panas setelah turun minum. Siku Mauro Tassotti mengenai wajah Luis Enrique, dan mebuat dia mendapatkan sanksi dilarang bermain selama delapan pertandingan. Terlepas dari itu, Jose Luis Caminero membuat kedudukan menjadi 1-1, tetapi dua menit menjelang pertandingan usai, Roberto Baggio mengecoh Zubizarreta untuk mencetak gol kemenangan.

4. Perempat Final Euro 2008: Spanyol 0-0 Italia (Spanyol menang 4-2 adu penalti)

Spanyol belum pernah mengalahkan Italia saat itu. "Saya melihat kegugupan dari para pemain," kata pelatih Timnas Spanyol, Luis Aragones. "Pesan saya berulang kali adalah bahwa kami adalah tim yang lebih baik dan kami akan lolos." Dan mereka melakukannya, saat Iker Casillas menggagalkan tendangan penalti Daniele De Rossi dan Antonio Di Natale. Cesc Fabregas yang mengambil eksekusi membawa Spanyol mematahkan kutukan 74 tahun.

5. Final Euro 2012: Spanyol 4-0 Italia

Spanyol kurang bersinar di Polandia dan Ukraina. Namun, mereka terus melaju dan bertemu Italia di partai puncak. Spanyol membuka skor melalui David Silva, kemudian Jordi Alba membuat skor menjadi 2-0. Setelah turun minum, Fernando Torres mencetak gol, kemudian dia memberi umpan kepada Juan Mata, yang menutup gol di partai final tersebut. Kiper Italia Gianluigi Buffon tak pernah melupakan kenangan pahit di laga pamungkas satu ini. "Setelah pertandingan, saya merasa sedih. Dalam empat kekalahan terakhir melawan Spanyol, kekalahan terberat adalah kekalahan di Kiev pada 2012. Saat itu kami merasa lelah dan pada akhirnya mengalami hasil yang mengecewakan,” kenang Buffon.

6. Babak 16 Besar Euro 2016: Italia 2-0 Spanyol

Setelah kalah dari Spanyol di dua edisi Euro sebelumnya, Italia tidak kekurangan motivasi saat kedua tim bertemu lagi di Stade de France. Kali ini Azzurri yang menang, dan mengakhiri delapan tahun dominasi Spanyol sebagai juara Euro. Chiellini membuka gol pertama dari jarak dekat di menit ke-33. Italia terus mendapat peluang, namun David de Gea bermain gemilan. Gol kedua Italia datang saat laga memasuki satu menit waktu tambahan. Graziano Pelle mengunci kemenangan dengan mencetak gol ke gawang Spanyol.
 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut