get app
inews
Aa Read Next : Resep Minuman Anti Pusing saat Berlebihan Makan Daging Idul Adha

Cara Turunkan Kolesterol Usai Makan Daging Kurban, Coba Dikonsumsi Ini

Kamis, 29 Juni 2023 | 17:51 WIB
header img
Ilustrasi menurunkan kolesterol

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Cara turunkan kolesterol usai mengkonsumsi daging kurban banyak caranya. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman ini.

Daging kurban, baik kambing, domba maupun sapi memang mengandung lemak yang sangat tinggi. Apalagi, menyantapnya dengan sangat berlebih dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam darah naik.

Lalu, bagaimana cara turunkan kolesterol setelah makan daging kurban. Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/6/2023).

Makanan Penurun Kolesterol

1. Apel

Cara turunkan kolesterol yang pertama adalah mengkonsumsi buah apel. Buah apel sendiri mengandung pektin, atau kandungan nutrisi yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Sebab, pektin bisa menyerap kadar kolesterol dan lemak jahat yang ada dalam usus halus, setelah itu membawanya keluar tubuh melalui feses. Anda bisa memakan apel secara langsung atau diolah dengan berbagai hidangan.

2. Susu Kedelai

Makanan penurun kolesterol berikutnya adalah kedelai, minuman susu kedelai sangat rendah lemak jenuh. Mengganti krim atau produk susu berlemak tinggi dengan susu kedelai atau krimer bisa membantu mengurangi atau mengelola kadar kolesterol. Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram per hari kedelai.

Anda bisa mengkonsumsi susu kedelai sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Direkomendasikan untuk mengonsumsi 2-3 porsi makanan atau minuman berbahan dasar kedelai setiap hari, dengan satu porsi mewakili 250 mililiter susu kedelai.

3. Alpukat

Buah alpukat memiliki vitamin K, C, B5, B6, E, kalium dan folat, serta senyawa lainnya yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi buah alpukat juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

4. Bawang Putih

Bawang putih juga menjadi salah satu makanan penurun kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan jika bawang putih dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis. Akan tetapi, seperti banyak terapi alternatif, penelitian telah menemukan hasil yang beragam.

Salah satu contoh, beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Namun, sebuah studi menunjukkan jika keamanan dan efektivitas bawang putih tidak menemukan efek jangka panjang pada kolesterol.

5. Oat

Makanan untuk menurunkan kolesterol selanjutnya adalah dengan makan semangkuk oatmeal. Oatmeal mengandung serat larut yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Serat yang ada dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda.

6. Teh Hijau

Teh hijau juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Teh hijau sarat dengan antioksidan dan manfaat kesehatan lainnya yang membuatnya baik untuk kolesterol. Ini juga mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami manfaat teh hijau untuk kolesterol.

Teh hijau sangat sehat, Anda bisa minum dua cangkir teh hijau setiap hari. Jenis teh ini juga dapat menurunkan berat badan, fungsi otak yang lebih baik, dan penurunan risiko diabetes.  

7. Ikan Salmon

Ikan salmon bisa memperbaiki kadar kolesterol. Faktanya, ikan menyediakan protein tinggi, alternatif sehat untuk daging merah, yang tinggi lemak jenuh. Salmon adalah alternatif yang bagus untuk daging merah karena merupakan makanan padat nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

8. Jus Jeruk

Mengonsumsi jus jeruk dalam jangka panjang dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat. Jus jeruk juga dapat meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik.

9. Jus Tomat

Tomat bisa menurunkan kolesterol jahat hingga 10 persen. Ini berdasarkan penelitian 13 studi yang menunjukkan jika likopen dengan dosis di atas 25 mg per hari selama 2 minggu dari tomat. Hasil penelitian juga menemukan jika suplementasi likopen dapat menurunkan tekanan darah. 240 ml jus tomat dapat memberikan 22 mg likopen.

10. Smoothie Berry

Buah beri mengandung antioksidan dan serat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Anthocyanin, agen antioksidan kuat dalam buah beri bisa membantu menurunkan kolesterol. Buah ini juga rendah kalori dan lemak.

Campurkan buah beri dengan 1/2 cangkir susu rendah lemak atau yogurt dan 1/2 cangkir air dingin. Contoh buah beri menyehatkan meliputi strobery, blubery, blackberry dan raspberi.

Itulah makanan penurun kolesterol yang baik untuk Anda usai mengkonsumsi daging kurban. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut