get app
inews
Aa Read Next : Ashar Keliling, Bupati Tiwi Aspirasi Warga dan Siap Bantu Kesulitan Masyarakat

Terjadi Klaster, Brecek dan Selabaya Jadi Fokus Pantauan Satgas Covid-19 Purbalingga

Selasa, 06 Juli 2021 | 20:42 WIB
header img
Peninjauan di lokasi isolasi mandiri. (Foto: Dok Pemkab Purbalingga)

PURBALINGGA, iNews.id- Satgas Covid-19 Kabupaten Purbalingga yang dipimpin Bupati Purbalingga bersama Forkopimda kembali mengunjungi salah satu desa dengan kasus aktif Covid-19 tinggi, yakni Desa Selabaya, Kecamatan Kalimanah, Selasa (6/7). Selain itu, juga memantau perkembangan hari ke-14 penerapan lockdown dan isolasi mandiri di Desa Brecek, Kecamatan Kaligondang.

Di Selabaya, Satgas Covid-19 mengunjungi RT 2 dan 4 RW 5, karena di situ ada 44 warga menjalani isolasi mandiri. Kunjungan ini memastikan apakah mereka yang menjalani isolasi mandiri telah mendapatkan pengawasan dan perhatian yang ketat dari Satgas Jogo Tonggo ataupun tenaga kesehatan atau belum. Kunjungan ini juga guna menyemangati warga yang isolasi agar tetap menjaga kesehatannya.

Di rumah-rumagh warga yang isoman, dilakukan penempelan stiker penanda. “Kegiatan pemasangan stiker ini agar mudah dalam rangka memonitor tentang perkembangan kesehatan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Agar ke depannya bisa kita pantau hingga hasil akhirnya,” kata Komandan Kodim 0702/Purbalingga Letkol Inf Decky Zulhas.

Stiker yang ditempelkan bertuliskan informasi ‘Penghuni Rumah Ini Sedang Melakukan Isolasi Mandiri’. Selain itu juga terdapat kolom nomor, nama, tanggal mulai Isoman dan tanggal selesai Isoman.

“Besok rencana akan dilaksanakan penyuntikan multivitamin terhadap masyarakat yang terkonfirmasi positif. Mudah-mudahan pemberian multivitamin ini bisa mempercepat penyembuhan dari positif menjadi negatif dan sehat kembali,”katanya.

Sementara Bidan Desa Selabaya Marisha Eka menjelaskan di Desa Selabaya saat ini terdapat 49 kasus aktif Covid-19.”Sebanyak 3 orang diantaranya sembuh, 2 orang meninggal, dan 44 orang menjalani isolasi mandiri,”ujarnya

Ia menambahkan, sebanyak 44 orang yang menjalani isolasi mandiri umumnya berasal dari klaster keluarga, klaster pekerja pabrik, dan lainnya. Mereka terus mendapatkan pemantauan dari tenaga kesehatan dan perhatian dari Satgas Jogo Tonggo.

“Kami sudah memantau setiap harinya, keadaan yang isoman semuanya sehat. Yang meninggal dulu di rumah sakit karena faktor lansia dan punya penyakit komorbid,” katanya.

Selain memantau Desa Selabaya, Satgas Covid-19 Kabupaten Purbalingga juga memantau perkembangan hari ke-14 penerapan lockdown dan isolasi mandiri di Desa Brecek, Kecamatan Kaligondang. Hasil pemantauan sebagian besar warga sudah dinyatakan sembuh dan sebagian tengah menjalani Rapid Test Antigen karena telah selesai menjalani isolasi mandiri.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Polres Purbalingga karena sebelumnya telah memberikan vitamin kepada warga Brecek yang isolasi mandiri. Alhamdulillah hasilnya sangat menggembirakan, dari sekitar 71 masyarakat yang terpapar, 35 orang diantaranya sembuh. Sisanya sedang ditest, masih menunggu hasil, semoga hasilnya negatif,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut