get app
inews
Aa Read Next : Promo Berkah Ramadhan, Kuliah di UMP Dapat Diskon Biaya SPP dan Gratis Pendaftaran Pascasarjana

Pentingnya Pendidikan Seks dari Orangtua pada Anak Untuk Menghindari Pelecehan Seksual

Kamis, 06 Juli 2023 | 13:35 WIB
header img
Ilustrasi Pentingnya Pendidikan Seks dari Orangtua pada Anak Untuk Menghindari Pelecehan Seksual. Foto: Dok INews.id

PURBALINGGA iNewsPurwokerto.id - Pendidikan seks sejak dini kepada anak perlu diberikan para orangtua sebagai langkah preventif agar tidak terjadi kekerasan seksual di kemudian hari. Seorang anak harus memahami siapa saja orang yang boleh berkomunikasi intens atau dilawan, jika ada orang yang menjamah area tubuh sensitifnya.

Tuti Hidayati Fungsional Analis Kebijakan Muda Kantor Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos DaldukKBP3A) Purbalingga mengatakan, sosialisasi kepada masyarakat tentang kekerasan seksual perlu dilakukan agar bisa mereduksi tindak kekerasan seksual kepada anak.

"Anak perlu diberitahu secara berulang bagian tubuh mana yang tidak boleh dipegang oleh orang lain. Perlu mengetahui batasan sehingga tidak terjadi kekerasan seksual pada anak, bila perlu menjerit, lari atau sebagainya," kata Tuti dalam keterangannya, Kamis (6/7/2023).

Dia mengatakan, kekerasan seksual pada anak dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk oleh orang terdekat seperti ayah tiri, ayah kandung dan lain sebagainya. Maka dari itu, pihaknya menggandeng berbagai pihak seperti penyuluh agama, kader kesehatan yang ada di Desa untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dapat mencegahnya.

"Kami bekerja sama dengan berbagai pihak agar masyarakat tidak salah kaprah dalam menafsirkan tentang pendidikan seks. Termasuk fenomena penyuka sesama jenis juga harus kita sikapi bersama," ujarnya.

Bisa ditengarai, fenomena penyuka sesama jenis khususnya pada kalangan muda berasal dari kesalahkaprahan pemuda memaknai seks sebagai aktivitas. Mereka menafsirkan agar tidak terjadi kehamilan di luar nikah, maka mereka memilih untuk seks menyimpang dan fenomena tersebut perlu ditanggulangi.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut