get app
inews
Aa Read Next : UMP Kembali Gelar Festival Balon Udara, Catat Tanggalnya Agar Tak Tertinggal Keseruannya

Iktikaf Daring, Cara UMP Tebar Manfaat Bagi Warga Sekitar

Senin, 03 Mei 2021 | 16:10 WIB
header img
Penutupan kegiatan iktikaf daring yang bertajuk KURMA, dilakukan secara virtual oleh Rektor UMP, Jebul Suroso, Senin (3/5/2021). (Foto: Humas UMP)

PURWOKERTO, iNews.id - Setelah kurang lebih sepekan berlangsung, kegiatan iktikaf daring yang bertajuk Kurnia Ukhuwah Ramadan Renuh Makna (KURMA) yang digelar Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) resmi berakhir, Senin (3/5/2021).

Penutupan KURMA dihadiri seluruh civitas akademika UMP, dan dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. 

Rektor UMP, Jebul Suroso dalam sambutannya memberikan apresiasi dengan adanya acara tersebut. Ia berharap, acara itu dapat memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

"Rangkaian kegiatan KURMA itu, tidak hanya dinikmati oleh keluarga besar UMP tetapi juga bisa diakses oleh orang dari luar UMP. Karena kegiatan KURMA disiarkan langsung oleh radio, TV MU dan yang lebih penting adalah tersaji penuh di kanal YouTube UMP maupun LPPI," ujar Jebul. 

Jebul menjelaskan, agenda tersebut merupakan bagian dari dakwah untuk masyarakat umum. UMP mencoba untuk membawa manfaat dan keberkahan bagi seluruh alam.

"KURMA diharapkan dapat menjadi wahana membangun integritas sosial yang kuat, habluminallah yang semakin kokoh dan kuat karena mengoptimalkan amalan-amalan dibulan suci Ramadan," kata Jebul.

Pada kesempatan itu Ketua LPPI, Asep Daud Kosasih mengatakan, KURMA dilaksanakan dalam dua bentuk, ada kegiatan yang bersifat online dan offline. Yang bersifat offline di antaranya ada penguatan Ideologi Kemuhammadiyahan, iftor, pemberian bingkisan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar UMP. Sehingga keberadaan UMP dirasakan oleh warga sekitar.

"Agenda KURMA yang bersifat online yakni, hafalan surat pendek, hafalan doa harian, dan penerbaran serta penyebaran kata hikmah, menyimak podcast UMP," ungkap Asep.

Seorang peserta, Fitri Wijayanti mengungkapkan, di sela-sela kesibukan menjadi ibu rumah tangga, masih bisa diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan KURMA yang dilaksanakan oleh UMP.

"Tidak hanya ilmu yang kita dapat dalam kegiatan ini tapi ada jalinan ukhuwah jadi ada rasa kekeluargaan guyub yang lebih dari yang sebelum-sebelumnya," ungkap Fitri.

Editor : Franky S

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut