get app
inews
Aa Read Next : Jazz Gunung Slamet 2024 Berlangsung Meriah Meski Hujan dan Digelar di Tengah Hutan

Seru, Saat Bule-bule Belgia Jadi Kuli Bangunan di Baturraden

Senin, 10 Juli 2023 | 09:44 WIB
header img
Suasana begitu seru, saat bule-bule cewek asal Belgia menjadi kuli bangunan di Baturraden. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Suasana begitu seru, saat bule-bule cewek asal Belgia menjadi kuli bangunan di Baturraden. Bahkan saat mengayak pasir, dia terlihat sambil berjoget mengikuti musik yang diputar.

Suasana keseruan itu direkam di IG @tekadsantos milik Tekad Santosa, warga Baturraden. Ya, memang para bule rela jadi kuli bangunan di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Banyumas.

Kegiatan itu merupakan bagian dari program Summer Camp yang telah diselenggarakan sejak tanggal 3 Juli lalu. Nantinya, kegiatan tersebut bakal berlangsung sampai 23 Juli 2023. 

Salah seorang bule asal Belgia, Jani (21) menuturkan bahwa kedatangan dia dan teman-temannya merupakan kali pertama ke Indonesia. Dia dan 9 temannya membantu proyek pembangunan PAUD di Desa Karangsalam.

“Kamu membangun dengan mengaduk pasir dan semen untuk tembok bangunan. Di sini sangat menarik makanannya dan masyarakatnya sangat terbuka dan sangat ramah warganya,”kata Jani dalam bahasa Inggris.

Program ini merupakan kegiatan di bawah organisasi Bouwerde dan bekerjasama dengan Yayasan Tileng Belanda. Kegiatan Summer Camp di Baturraden telah dilaksanakan sejak tahun 2016 hingga sekarang.

Namun, program ini sempat terhenti akibat pandemi dan baru dilaksanakan kembali tahun ini.

Selama 20 hari, peserta asing akan melakukan berbagai jenis kegiatan, dengan fokus utama pada berlibur dan mengenal Indonesia.

Pemandu wisata sekaligus Pengurus Yayasan Tileng Belanda, Tekad Santosa, menjelaskan bahwa kegiatan ini mirip dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN), tetapi dalam suasana liburan.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut