get app
inews
Aa Read Next : Ketua Kwarcab Banyumas Lantik Rektor UIN Saizu Jadi Ketua Majelis Pembimbing Gudep

12 Pramuka Banyumas Ikuti Pertikalpataru III di Jepara

Selasa, 11 Juli 2023 | 07:04 WIB
header img
Sebanyak 12 anggota Pramuka Saka Kalpataru Kwarcab Banyumas berangkat dalam kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Kontingen Banyumas diberangkatkan untuk mengikuti Pertikalpataru III tahun 2023. Sebanyak 12 anggota Pramuka Saka Kalpataru Kwarcab Banyumas berangkat dalam kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru tersebut. 

Pemberangkatan dilakukan oleh Joko Wiyono, Wakil Ketua Bidang Bina Satuan Kwarcab Banyumas, bersama  Junaidi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup selaku Ketua Mabisaka, pada Senin (10/7/2023) di Sanggar Bakti Kwarcab Banyumas. 

Hadir dalam acara itu Pimpinan Kwarcab, Andalan, Pamongsaka Kalpataru, dan orang tua peserta.

Doni Damara Triswidiyan, Andalan Pembinaan dan Penguatan Saka Kwarcab Banyumas, menjelaskan bahwa Satuan Karya Pramuka Kalpataru adalah wadah pembinaan IPTEK dan kewirausahaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam pemanfaatan dan pelestarian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup. 

Kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru Kwartir Daerah Jawa Tengah tahun 2023 merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan, yang diadakan untuk anggota Saka Kalpataru. 

Tujuannya melaksanakan proyek integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat, sebagaimana yang tercakup dalam janji Tri Satya untuk Penegak dan Pandega.

"Doni menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 14 Juli 2023 di Obyek Wisata Pantai Tirta Samudra, Desa Bandengan, Jepara, dengan motto 'Satyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan'," ungkapnya.

Doni menambahkan bahwa dalam Pertikalpataru Jateng 2023, peserta akan mengikuti dua jenis kegiatan, yaitu Kegiatan Bhakti dan Kegiatan Prestasi. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan antara lain adalah Green Economy Business Plan, Climate Debate, Green Campaign vlog, dan Apresiasi Saka. Selain itu, juga akan ada kegiatan Bakti fisik dan non-fisik.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut