get app
inews
Aa Read Next : 3 Kemungkinan Orang yang Berdoa, Ustaz Raehanul Bahraen Sebut Tidak Pernah Rugi

2 Waktu Paling Mustajab Berdoa pada Hari Jumat, Kapan Saja?

Jum'at, 14 Januari 2022 | 09:22 WIB
header img
ADA 2 waktu pada  hari Jumat doa-doa yang dimohonkan akan dikabulkan Allah Subhanahu wa ta'ala. Maka 2  waktu ini perlu diketahui karena  paling mustajab untuk berdoa. (Foto: Freepik)

Intinya ada beda pendapat hingga 40 pendapat dalam masalah ini mengenai penentuan kapankah waktu terkabulnya doa di hari Jumat. Namun, pendapat yang paling dekat dengan dalil ada dua yakni:

1. Waktu antara duduknya imam di mimbar hingga selesai sholat

Berdasarkan riwayat dari Abu Burdah bin Abi Musa Al Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, "Abdullah bin Umar bertanya kepadaku: 'Apakah engkau pernah mendengar ayahmu menyebut suatu hadis dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengenai waktu mustajabnya doa di hari Jumat?' Abu Burdah menjawab, 'Iya betul, aku pernah mendengar dari ayahku (Abu Musa), ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

هِىَ مَا بَيْنَ أَنْ يَجْلِسَ الإِمَامُ إِلَى أَنْ تُقْضَى الصَّلاَةُ

Artinya: "Waktu tersebut adalah antara imam duduk ketika khutbah hingga imam menunaikan Sholat Jumat." (HR Muslim Nomor 853)

2. Waktu bakda Sholat Ashar sampai tenggelamnya matahari

Dari riwayat Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, beliau bersabda:

يَوْمُ الْجُمُعَةِ ثِنْتَا عَشْرَةَ يُرِيدُ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

Artinya: "(Waktu siang) di hari Jumat ada 12 (jam). Jika seorang muslim memohon pada Allah Azza wa Jalla sesuatu (di suatu waktu di hari Jumat) pasti Allah Azza wa Jalla akan mengabulkannya. Carilah waktu tersebut yaitu di waktu-waktu akhir setelah Ashar." (HR Abu Dawud Nomor 1048; An-Nasa’i Nomor 1390. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan sanad hadis ini shahih)

Wallahu a'lam bishawab.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut