get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Awas Bahaya Rayap di Banyumas, Sudah Mulai Serang Perumahan 

Minggu, 16 Juli 2023 | 07:35 WIB
header img
Pakar rayap dari Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Dr Hery Pratiknyo. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Masyarakat di Banyumas diminta mewaspadai rayap. Pasalnya, di kabupaten setempat merupakan daerah endemik rayap.

Hal itu diketahui dari riset yang dilaksanakan oleh pakar rayap dari Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Dr Hery Pratiknyo.

Dia mengatakan bahwa Banyumas merupakan salah satu endemis rayap. Dari riset yang dilakukannya, ditemukan sejumlah spesies rayap yang ada di Banyumas.

“Saya melakukan penelitian di sekitar Gunung Slamet. Mulai dari sisi timur, selatan, dan barat, yang kemudian saya turunkan ke wilayah Banyumas," katanya di Kampus Fakultas Biologi Unsoed Purwokerto, pekan ini

Menurutnya, dari hasil penelitian di sekitar Gunung Slamet tersebut, ia menemukan 11 spesies rayap, dengan spesies yang paling dominan adalah Schedorhinotermes sp, yaitu rayap kayu.

Selanjutnya, ia mencoba meneliti persebaran rayap tersebut dari wilayah yang berada di ketinggian hingga daerah rendah, khususnya di Banyumas, untuk mengetahui apakah ada perbedaan persebaran di setiap wilayah.

"Meskipun spesies yang paling dominan adalah Schedorhinotermes sp, ketika menurun ke daerah Baturraden, Banyumas, terjadi perubahan. Spesies yang dominan di sana sama dengan yang di utara Gunung Slamet, yaitu Macrotermes gilvus, Microtermes insperatus, dan Odontotermes javanicus,”jelasnya.

Heri kemudian melanjutkan penelitian untuk mengetahui pengaruh atau tingkat serangan ketiga spesies rayap tersebut terhadap rumah-rumah warga, dan ternyata ketiganya memiliki persebaran yang berbeda.

Untuk spesies Macrotermes gilvus memiliki persebaran yang paling dominan di Banyumas berdasarkan hasil penelitian dengan sampel dari 31 desa, karena rayap tersebut ditemukan di seluruh lokasi.

"Macrotermes gilvus adalah rayap tanah yang menjadi laron. Ini merupakan salah satu spesies rayap yang paling banyak menyerang kayu-kayu di perumahan," katanya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut