get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Registrasi Jalur SNBP Unsoed Mulai Jumat Hari Ini

Kali Pertama Unsoed Gelar KKN Internasional di Thailand

Senin, 17 Juli 2023 | 08:05 WIB
header img
Unsoed juga terus berupaya meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga nantinya menjadi lulusan yang berdaya saing global salah satunya dengan menggelar KKN Internasional di Thailand. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Guna wujudkan visinya tahun 2024 sebagai pusat pengembangan sumber daya perdesaan dan kearifan lokal yang diakui dunia, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berupaya meningkatkan kapasitas dan peranannya dalam membangun masyarakat internasional.

Unsoed juga terus berupaya meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga nantinya menjadi lulusan yang berdaya saing global. 

Untuk itulah, kali pertamanya pada 2023, Unsoed menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional dengan mengirimkan 5 mahasiswa ke dua wilayah di Thailand selatan, yaitu Pattani dan Narathiwat. 

“Mahasiswa tersebut adalah Faris Hartanto (Fakultas Hukum), Putra Cahva Tama Ramadhan (FISIP), dan tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya yaitu Farah Azzahra, Dhealia Athifah, serta Rumaisha Afifatul Qonita,”kata Wakil Rektor bidang Perencanaan, Kerja sama dan Humas Dr.sos. Waluyo Handoko, M.Sc.

Menurutnya, mahasiswa akan belajar bermasyarakat sekaligus mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kampus kepada masyarakat yang lebih luas bahkan ke negara lain. 

“Berbagai kegiatan akan terlaksana di sekolah, kantor pemerintahan lokal dan juga berkegiatan sosial di masyarakat Thailand selatan,”katanya. 

Kegiatan tersebut mendapat dukungan yang sangat besar dari mitra Unsoed di Thailand yaitu Persatuan Alumni Indonesia Thailand (PERSAIT), di mana persatuan tersebut menjadi wadah bagi sekitar 2000 orang Thailand yang menjadi alumni dari berbagai kampus di Indonesia. 

Serah terima peserta KKN internasional dilakukan oleh Dr.sos. Waluyo Handoko, M.Sc., Wakil Rektor bidang Perencanaan, Kerja sama, dan Humas yang didampingi oleh Kepala UPT Layanan Internasional Dr.rer.nat. Erwin R Ardli dan Prof Amin Fatoni selaku Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, alumni dan kerja sama FMIPA Unsoed.

KKN internasional ini diinisiasi oleh UPT Layanan Internasional (IRO Unsoed) dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Soedirman. 

Pada tanggal 22 Juli 2023 juga akan diberangkatkan sebanyak 24 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN internasional di Malaysia.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut