get app
inews
Aa Read Next : Agus Nur Hadie Sarankan Ada Sosialisasi RDP dan RPJP Banyumas kepada Calon Bupati

Siapa Sejatinya Tokoh Purbalingga yang Bernama Ki Arsantaka? Ternyata…

Senin, 24 Juli 2023 | 08:08 WIB
header img
Pada abad ke-18, tercatat dalam beberapa literatur bahwa Purbalingga memiliki tokoh bernama Ki Arsantaka. (Foto: Istimewa)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-Pada abad ke-18, tercatat dalam beberapa literatur bahwa Purbalingga memiliki tokoh bernama Ki Arsantaka. Tokoh ini seharusnya diingat kembali oleh masyarakat Purbalingga.

"Tanpa disadari, Ki Arsantaka hidup di dalam kesadaran masyarakat Purbalingga, dan jika tidak diingatkan kembali, akan semakin terlupakan," kata Agus Sukoco dalam bedah buku "Wasiat Ki Arsantaka" yang ditulisnya, pekan lalu.

Agus Sukoco berusaha "menghidupkan kembali" kisah Ki Arsantaka dalam buku keduanya yang menceritakan tentang tokoh tersebut.

"Bagi saya, hal terpenting adalah menghidupkan kembali kisahnya, jadi masalah benar dan salah saya memilih pendekatan sastra sehingga buku ini tidak bisa dijadikan referensi sejarah akademis," jelasnya.

Gunanto Eko Saputro, seorang penggiat sejarah Purbalingga, ditugaskan sebagai pembedah buku tersebut. Ia menyatakan bahwa buku ini berusaha mengisi kekosongan sejarah pada masa awal antara Wirasaba dan Purbalingga yang tidak tercatat dalam literasi.

"Kemungkinan inilah yang menyebabkan Mas Agus Sukoco memilih kemasan Historical Fiction, tetapi saya bisa membayangkan bagaimana suasana dua abad sejak peristiwa mrapat hingga lahirnya Purbalingga pada 23 Juni 1759," ucapnya.

Igo menyatakan bahwa buku ini menghidupkan semangat kebanggaan bagi warga Purbalingga, yang memiliki sejarah yang sangat tua dan lebih awal daripada wilayah "ngapak" lainnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut