get app
inews
Aa Read Next : Presiden BEM Unsoed Kenaikan UKT Bisa Tembus 300-500 Persen, Fakultas Peternakan Jadi Rp14 Juta

Siapa Sejatinya Tokoh Purbalingga yang Bernama Ki Arsantaka? Ternyata…

Senin, 24 Juli 2023 | 08:08 WIB
header img
Pada abad ke-18, tercatat dalam beberapa literatur bahwa Purbalingga memiliki tokoh bernama Ki Arsantaka. (Foto: Istimewa)

"Sejarawan Belanda bernama Van der Meulen menyebutkan bahwa peradaban pertama di Jawa berdiri di lereng timur Gunung Slamet pada Abad Pertama Masehi," tambahnya.

Dalam acara bedah buku ini, turut hadir keturunan Ki Arsantaka sendiri yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Purbalingga, yaitu H.R. Bambang Irawan.

"Saya berterima kasih kepada semua yang hadir saat ini, khususnya karena tidak melupakan sejarah. Sebab, bagaimanapun sejarah adalah bagian dari perjalanan yang tidak boleh dilupakan," ucapnya.

Dalam momentum ini, Mas Bei, julukan untuk Igo, mengusulkan agar tokoh-tokoh Purbalingga mulai diinventarisir dan dihargai dengan menyematkan nama mereka dan gelar dalam nama jalan, gedung, atau ruang di Pemerintahan Purbalingga.

"Menurut kami, ini merupakan bagian dari upaya kita untuk menghargai para pendahulu. Hal kecil seperti ini bisa kita wariskan kepada anak cucu kita," tambahnya.

Ia berharap bahwa dengan adanya buku ini, akan muncul rasa kecintaan yang luar biasa terhadap Purbalingga dan berdampak pada kemajuan Purbalingga itu sendiri.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut