get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Ini Peta Tambang Emas di Banyumas Kedalaman 60 Meter yang Banjir dan Merendam 8 Penambang

Kamis, 27 Juli 2023 | 10:05 WIB
header img
Ini Peta Tambang Emas di Banyumas Kedalaman 60 Meter yang Banjir dan Merendam 8 Penambang.. Ist

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - lebih dari 32 jam, delapan penambang emas terjebak di dalam perut bumi yang memiliki kedalaman sekitar 50-60 meter. Operasi penyelamatan oleh tim SAR gabungan di area pertambangan Grumbul Tajur, Desa Pancuredang, Kecamatan Ajibarang, Banyumas terus dilakukan di hari kedua pencarian, Kamis (27/7/2023).

Berdasarkan data yang diperoleh, lubang tambang yang terendam air terdiri dari beberapa trap (undak-undakan) yang menghubungakan satu lantai dengan lantai diatasnya. Trap tersebut membentuk seperti tangga yang mempunyai fungsi sebagai jalan untuk naik dan turun antara lantai tingkat di dalam perut bumi.

Di setiap trap yang ada di lubang tambang emas yang merendam delapan penambang ini memiliki tinggi dan panjang yang berbeda-beda. Setidaknya ada lima undak-undakan atau trap dalam lubang tersebut.


8 Penambang Emas di Banyumas Terjebak Dalam Lubang Tambang, Sudah 12 Jam. Foto: Arbi Anugrah

 

Diduga, sumber air yang masuk hingga membanjiri lubang tambang berada di trap kedua hingga membuat lubang dengan diameter 1x1 tergenang air.

Adah Sudarsa, Kepala Kantor SAR Cilacap selaku SAR Mission Coordinator (SMC) mengatakan upaya penyedotan air sudah dilakukan sejak Rabu (26/7) kemarin. Sedangkan pada hari ini, Kamis (27/7/2023) pihaknya akan kembali melanjutkan penyedotan menggunakan mesin pompa air submersible sebanyak 6 unit yang lebih besar dari kemarin. Serta menutup titik resapan air dari Cekungan Air Tanah (CAT).

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut