get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Kebumen Kembangkan Corporate Farming

IBI Kebumen Berkomitmen untuk Bantu Tangani Stunting

Senin, 31 Juli 2023 | 09:09 WIB
header img
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahunnya yang ke-72, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kebumen berkomitmen untuk membantu penanganan masalah stunting. (Foto: Istimewa)

IBI juga memberikan dukungan pada program keluarga berencana yang dilaksanakan oleh BKKBN di Kabupaten Kebumen. IBI menjalin kerja sama dan koordinasi dengan BKKBN untuk menurunkan angka stunting serta AKI-AKB.

"Kami meminta para bidan di lapangan bekerja keras dan menjadi garda terdepan dalam memberikan layanan kesehatan primer kepada masyarakat," kata Lusi.

Lusi menjelaskan bahwa bidan, baik yang bekerja di puskesmas, rumah sakit, klinik, atau persalinan, adalah bagian dari tim yang bekerja sama dengan dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya untuk meningkatkan pelayanan primer. 

Bidan secara langsung melakukan skrining kesehatan remaja dan calon pengantin, mendeteksi dini risiko komplikasi obstetri, dan membantu persalinan normal. 

Selain itu, mereka memfasilitasi pemberian ASI eksklusif, memberikan asupan gizi yang baik bagi bayi, mengawasi pemberian makanan bagi balita, melakukan penimbangan dan pengukuran balita, serta melakukan imunisasi dan deteksi dini perkembangan anak.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut