get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Hari ke-6 Tim SAR Gabungan Turunkan 35 Pompa, Air di Tambang Emas Banyumas malah Naik

Senin, 31 Juli 2023 | 19:18 WIB
header img
Hari ke-6 Tim SAR Gabungan Turunkan 35 Pompa, Air di Tambang Emas Banyumas malah Naik. Foto: Dok BPBD Kabupaten Banyumas

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Hingga hari keenam upaya evakuasi delapan penambang yang terjebak di tambang emas Desa Pancuredang, Kecamatan Ajibarang, Banyumas belum membuahi hasil. Air yang disedot menggunakan 35 pompa air bertekanan tinggi oleh Tim SAR Gabungan bukannya berkurang, tetapi malah makin bertambah.

"Upaya yang sudah kita lakukan hasilnya sampai saat ini ternyata genangan air malah semakin bertambah, yang awalnya kemarin kita sudah berhasil menurunkan hingga kedalaman 14 meter. Sekarang setelah kita ukur lagi sore tadi, ternyata malah menjadi 12 meter lagi, sehingga terjadi penambahan sekitar 2 meter lagi," kata Kasubsi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Prio Prayudha Utama kepada wartawan, Minggu (30/7/2023).

Padahal, lanjut Prio, pihaknya sudah menurunkan lebih dari 35 pompa-pompa air termasuk milik masyarakat untuk menyedot sumur tambang. Akan tetapi air belum berubah signifikan. 


Tim SAR Gabungan berupaya menyedot air dari sumur tambang emas. Foto: Dok Basarnas

 

"Padahal kita sudah mengupayakan untuk seluruh pompa kita kerahkan lebih dari 35 pompa air, termasuk juga dengan pompa-pompa air yang dimiliki oleh masyarakat sekitar, namun ternyata hasilnya demikian," ujarnya.

Dari hasil analisis, ia menduga jika terdapat cekungan air tanah atau Akuifer tertekan yang merupakan lapisan rembesan air yang mengandung kandungan air tanah yang bertekanan lebih besar. Kendala-kendala tersebut yang membuat proses evakuasi delapan penambang emas hingga hari keenam ini masih belum membuahkan hasil.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut