get app
inews
Aa Read Next : 14 Wisata Alam di Banyumas yang Bikin Romantis, Agendakan Saat Libur Lebaran

Waduh, Gunung Slamet Naik Status Jadi Siaga Karena…

Selasa, 01 Agustus 2023 | 09:55 WIB
header img
Status Gunung Slamet yang berada di lima kabupaten yakni Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal dan Brebes naik status jadi siaga atau level III. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Status Gunung Slamet yang berada di lima kabupaten yakni Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal dan Brebes naik status jadi siaga atau level III.

Kenaikan status jadi siaga diumumkan dalam situs resmi Badan Geologi ESDM. Padahal, pada Minggu (30/7/2023), statusnya masih aktif normal. Tetapi pada Senin (31/7/2023) langsung naik menjadi level II atau Siaga tanpa melewati level II atas waspada. 

Dalam laporan Petugas Pos Pengamatan Gunung Slamet, Luruh, menyebutkan bahwa telah terjadi 311 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 3-5 mm, dan lama gempa 11-47 detik. Kemudian ada sekali gempa Tremor Menerus dengan amplitudo 0.5-1 mm, dominan 0.5 mm.

“Rekomendasi yang diberikan adalah masyarakat dan pendaki tidak berada atau beraktivitas dalam radius 1km dari kawah puncak Gunung Slamet,”tegas Luruh dalam laporan tertulisnya. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut