get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Serunya Festival Kalisat di Kebumen, Ribuan Orang Mencari Ikan

Rabu, 02 Agustus 2023 | 09:21 WIB
header img
Ribuan orang menikmati Festival Kalisat yang diselenggarakan di Sungai Bedegolan, Desa Sendangdalem, Kecamatan Padureso, Kebumen. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Ribuan orang menikmati Festival Kalisat yang diselenggarakan di Sungai Bedegolan, Desa Sendangdalem, Kecamatan Padureso, Kebumen. Acara ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto.

Festival Kalisat diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Agustus, dengan memanfaatkan penutupan pintu air Waduk Wadaslintang, sehingga aliran Sungai Bedegolan surut. Pada momen tersebut, warga sekitar berbondong-bondong turun ke sungai untuk mencari ikan.

Selain mencari ikan, acara ini juga dimeriahkan dengan adanya stan pameran dari para pedagang kaki lima dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Konser musik lokal juga ikut memeriahkan suasana.

Bupati menyambut baik diselenggarakannya Festival Kalisat ini yang digagas oleh Pemerintah Desa bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten melalui anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Kegiatan ini berhasil menjadi destinasi wisata desa yang tak kalah menarik.

"Berkat Festival ini, Desa Sendangdalem menjadi destinasi wisata desa yang menarik, meskipun hanya berlangsung sekali dalam setahun. Namun dengan adanya Kalisat ini, banyak orang yang ingin merasakan 'sensasi' menangkap ikan di aliran sungai," ujarnya.

Menurut Bupati, Festival Kalisat merupakan kearifan lokal yang harus dijaga, dikembangkan, dan dipadukan dengan acara menarik lainnya agar tetap meriah, terutama di bulan Agustus. Misalnya, dapat ditambahkan berbagai lomba dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut