get app
inews
Aa Read Next : 10 Film Perjuangan untuk Nonton Bareng di Malam Menjelang HUT RI

Kisah Bung Karno yang Jarang Didengar Usai Dilantik Presiden, Ternyata Beli Sate Ayam

Selasa, 15 Agustus 2023 | 08:13 WIB
header img
Bung Karno. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id-Banyak kisah dan peristiwa yang telah terjadi pada hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus dan hari-hari sekitarnya. Saat ini, Indonesia telah memasuki tahun ke-78 sejak proklamasi tanggal 17 Agustus 2023.

Salah satu kisah menarik terjadi saat pelantikan Bung Karno sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama. Di balik peristiwa itu, ada cerita menarik terkait sate ayam. 

Ternyata, sate ayam menjadi salah satu menu favorit Bung Karno. Setelah pelantikannya sebagai Presiden, Bung Karno memesan hingga 50 tusuk sate ayam untuk merayakan momen tersebut.

Saat pulang berjalan kaki setelah pelantikan, Bung Karno bertemu dengan seorang pedagang sate ayam. Tanpa ragu, beliau memanggil pedagang tersebut dan memesan 50 tusuk sate ayam.

"Demi 50 tusuk sate ayam!" ucap Soekarno, yang menjadi perintah pertama yang diucapkannya sebagai Presiden kepada tukang sate tersebut. Sampai sekarang, identitas nama tukang sate tersebut masih menjadi tanda tanya bagi para penulis, sejarawan, dan berbagai kalangan.

Dalam biografi 'Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat' karya Cindy Adams, dijelaskan bahwa saat itu Bung Karno dipilih secara aklamasi sebagai Presiden pertama dalam rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Gedung Raad van Indië di Pejambon, Jakarta Pusat (kini Gedung Kementerian Luar Negeri RI).

Semua anggota PPKI setuju untuk mengangkat Soekarno secara aklamasi sebagai Presiden pertama pada 18 Agustus 1945. 

Usulan pengangkatan ini didasarkan pada usulan Otto Iskandardinata, dan juga termasuk usulan Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden (Wapres).

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut