get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Pasar Tumenggungan Memprihatinkan, Fasilitas Banyak yang Rusak, 4 Travelator Tak Berfungsi

Tarian Kolosal Warnai Peringatan HUT RI di Kebumen

Minggu, 18 Agustus 2024 | 08:08 WIB
header img
Tarian drama kolosal yang menggambarkan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia memeriahkan perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Tarian drama kolosal yang menggambarkan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia memeriahkan perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh Pemkab Kebumen di Halaman Pendopo Kabumian pada Sabtu sore (17/8/2024).

Sebanyak 790 penari yang mengenakan busana adat dari berbagai daerah, mulai dari Sabang hingga Merauke, turut berpartisipasi dalam acara ini. Pertunjukan ini tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga menyampaikan makna mendalam tentang keanekaragaman budaya bangsa yang dibalut dengan semangat persatuan.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga, Yanie Giat Setyawan, menjelaskan bahwa para penari kolosal tersebut terdiri dari 260 guru dan 530 siswa dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, hingga SMA, yang mewakili 26 kecamatan di Kebumen.

Dalam tarian kolosal ini, mereka berhasil menampilkan atraksi dengan membentuk formasi tulisan "HUT" dan angka "79" secara sempurna. Yanie menekankan bahwa tujuan dari pertunjukan ini adalah untuk mengingatkan akan pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan bangsa.

"Dengan pertunjukan ini, kami berharap dapat membangkitkan kembali rasa nasionalisme di kalangan masyarakat, serta mengingatkan kembali tentang perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan, sekaligus memperkuat rasa cinta Tanah Air," ujar Yanie.

Beberapa tarian lain yang ditampilkan antara lain Tari Cepetan, Tari Lawet, dan Tetek Lesung, yang merupakan tarian khas Kebumen. Selain itu, ada juga tarian seperti Gunungan, Manuk Dadali, Cik-Cik Periuk, Pakarena, Janger, Tari Tor Tor, Sajojo, Medley Tari Nusantara, dan persembahan Kebyar Langit Jingga Aku Bisa dari seluruh pengisi acara.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut