get app
inews
Aa Read Next : PT Pertamina Borong 6 Best Community Program di Vietnam

Kilang Pertamina Cilacap Borong 7 Penghargaan Ensia Awards 2023

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 08:46 WIB
header img
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap sukses memboyong tujuh penghargaan ajang Environmental and Social Innovation Awards (Ensia) 2023, Kamis (10/8/2023). (Foto: dok Kilang Pertamina Cilacap)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id  PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap sukses memboyong tujuh penghargaan ajang Environmental and Social Innovation Awards (Ensia) 2023. Penganugerahan penghargaan yang diselenggarakan oleh PT Sucofindo tersebut digelar di Gumaya Tower Hotel, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (10/8/2023).

Ketujuh inovasi dari PT KPI RU IV, di antaranya bidang Energi, Emisi, dan Limbah Non B3 yang meraih predikat platinum. Lalu, bidang Limbah B3 dan Kehati mendapatkan predikat gold, serta Efisiensi Air dan Inovasi Sosial mendapatkan predikat silver.

Apresiasi diberikan langsung Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Alue Dohong, serta Dirjen Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Sigit Reliantoro kepada Officer CSR and SMEPP PT KPI RU IV Aditya Anung Dwi Nugroho, serta Pjs Section Head Environment HSSE RU IV Vanny Apdila Restisha.

Penyerahan penghargaan tersebut disaksikan pula oleh Ketua Dewan Proper Sudharto. Secara terpisah, Area Manager Communication, Relations, and CSR PT KPI RU IV Cecep Supriyatna menyebutkan penghargaan ini menjadi semangat dan pemicu para perwira untuk terus berinovasi selaras dengan semangat Environment, Social, and Governance.

“Kami yakin penghargaan ini semakin menambah daya dorong dan semangat teman-teman dalam inovasi untuk Indonesia yang lebih baik,” katanya.

Adapun inovasi RU IV di bidang energi adalah teknologi fasilitas injeksi chemical di unit Paraxylene, bidang Emisi berupa penggunaan Sistem Secondary Selective Double Feeder pada Sinergi RU IV Cilacap dan PLN, serta bidang Limbah Non B3, yaitu pengolahan sampah anorganik menjadi minyak plastik.

Lalu, bidang limbah B3 berupa optimasi unit CCR-Platforming FOC I menggunakan booster gas dan penambahan safety continous drain, bidang Kehati melalui pembuatan silase untuk peningkatan average daily gain guna penambahan kawasan ruang terbuka hijau, dan Efisiensi Air dengan integrasi produk Sour Water Stripper III.

Diketahui, ENSIA 2023 merupakan apresiasi bagi pelaku usaha untuk meningkatkan komitmen pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan. Melalui inovasi ini diharapkan akan terus tumbuh dan meniginspirasi pelaku usaha yang lain.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut