get app
inews
Aa Read Next : Kilang Cilacap dan Perum Jasa Tirta Tanam 100 Ribu Mangrove

Kisah Mohammad Jamaludin, Pengelola PLTH Desa Terpencil untuk Kemandirian Energi

Sabtu, 20 Juli 2024 | 08:43 WIB
header img
Local Hero binaan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Mohammad Jamaludin, turut serta dalam Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-Local Hero binaan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Mohammad Jamaludin, turut serta dalam Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara, yang berlangsung pekan lalu.  

Acara ini diinisiasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI dan diadakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selaras dengan tema "Inovasi dan Teknologi untuk Pembangunan Desa Berkelanjutan", Kilang Cilacap berkolaborasi dengan Pertamina (Persero) mengusung pameran bertajuk Desa Energi Pertamina Energizing Sustainable Community. 

Jamal, pengelola Desa Energi Berdikari di Dusun Bondan, Desa Ujungalang, Kecamatan Kampung Laut, didampingi oleh tim CSR Kilang Cilacap dan Manager CSR Pertamina (Persero), Dian Hapsari Firasati.

Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Cilacap, Cecep Supriyatna, menjelaskan bahwa keterlibatan Kilang Cilacap dalam kegiatan ini sejalan dengan Program TJSL Pertamina Group yaitu Desa Energi Berdikari. 

“Mohammad Jamaludin atau Mas Jamal adalah Local Hero yang sukses mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH) dari kincir angin dan panel surya bantuan dari kami,” jelasnya.

Cecep menuturkan bahwa Dusun Bondan sebelumnya selama puluhan tahun sulit terjangkau penerangan listrik karena lokasinya yang terpencil. “Perubahan mulai terlihat setelah masuknya teknologi Hybrid Energy One Pole (HEOP) yang menggabungkan sel surya dan kincir angin pada tahun 2017, atas inisiasi dari KPI RU IV,” ujarnya.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut