get app
inews
Aa Read Next : Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen Siapkan 3.865 Sambungan Rumah Gratis

40 Warga di TPA Kaligending Kebumen Dapat Bantuan Biogas 

Jum'at, 25 Agustus 2023 | 09:06 WIB
header img
PT SUCOFINDO bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kelautan serta Perikanan (DLHKP) Kabupaten Kebumen dalam mengoptimalkan penggunaan biogas dari sampah. (Foto: Istimewa)

Budi Hartanto, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO, menyatakan bahwa bantuan ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk membantu masyarakat sekitar dan melestarikan lingkungan melalui pemanfaatan biogas guna menciptakan ekonomi berkelanjutan.

"Igas metan dalam tumpukan sampah memiliki potensi besar sebagai bahan bakar alternatif untuk memasak, bahkan mungkin digunakan untuk pembangkit listrik dan bahan bakar kendaraan di masa depan," tambahnya.

Penggunaan biogas dari sampah di TPA ini juga menjadi pilihan ekonomis dan efisien bagi masyarakat setempat. Sekitar 40 rumah telah menerima bantuan dalam bentuk saluran biogas dari PT SUCOFINDO.

Melalui kolaborasi ini, diharapkan TPA Kaligending dan TPA Semali akan menjadi contoh bagi pengembangan Pusat Keunggulan dan Riset (Center of Excellence & Research) di masa mendatang.

Rudatin (45), salah satu warga Kaligending yang mendapat manfaat dari bantuan biogas ini, telah menggunakan biogas selama 10 bulan. Penggunaan biogas ini telah mengurangi pengeluaran untuk membeli gas LPG.

"Dengan adanya biogas, kebutuhan gas LPG hanya satu tabung 3 Kg per bulan, ini sangat menguntungkan," ujarnya.

Tidak ada biaya yang dikenakan untuk penggunaan biogas ini. Namun, penggunaannya dibatasi pada pagi hari antara jam 05.00 WIB hingga 10.00 WIB, serta sore hari antara jam 15.00 WIB hingga 21.00 WIB. Rudatin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan PT SUCOFINDO atas bantuan ini.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah daerah, Pak Bupati, dan SUCOFINDO. Bantuan ini sungguh bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan TPA," tambahnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut