get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Meriahnya Festival Runtah Cilacap, Tingkatkan Kemandirian dan Ekonomi Sirkular

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 14:17 WIB
header img
Sebanyak 1000 orang memadati pantai Teluk Penyu Cilacap untuk menyaksikan Festival Runtah 2023. Foto: Dok SBI

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - Sebanyak 1000 orang memadati pantai Teluk Penyu Cilacap untuk menyaksikan Festival Runtah 2023. Runtah sendiri yang berati barang bekas atau sampah ini di gelar oleh SIG melalui unit usahanya PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Cilacap untuk kedua kalinya pada Sabtu (26/8/2023).

Pj Bupati Cilacap,Yunita Dyah Suminar menyampaikan apresiasinya atas gelaran Festival Runtah yang banyak melibatkan banyak stakeholder.

"Ini tentang kebersamaan untuk maju dan sukses bersama, permasalahan sampah tidak bisa ditangani sepihak, semua harus terlibat," kata Yunita saat apel bersama, dilanjutkan menorehkan coretan cat air diatas layang-layang, serta melakukan bersih-bersih pantai sebagai awal dimulainya Festival Runtah.

General Manager SBI, Edi Sarwono berharap, kegiatan ini akan menjadi bagian dari promosi berkelanjutan tentang perlunya terus meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kemandirian dalam mengelola sampah.

"Sampah bisa menjadi berkah bagi kita, manakala kita bijak dalam mengelola, potensi ekonomi sirkular sangat terbuka, dengan festival runtah ini, kami yakin akan banyak memberikan manfaat bagi para pemangku kepentingan atau stakeholder," ujarnya.

Rangkaian kegiatan Festival Runtah 2023 diantaranya bersih bersih pantai Teluk Penyu, pertunjukan seni teater musikal Wayang Runtah, melukis layang-layang berbahan dasar kertas semen bekas dan bersama-sama menerbangkannya di area langit pantai Teluk Penyu, ecoprint fashion show dan ditutup dengan talkshow bersama pegiat lingkungan, Dik Doank.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut