get app
inews
Aa Read Next : 8 Penyakit Usai Lebaran Akibat Kalap Santap Hidangan Menggoda

Dear Penderita Diabetes, Ini Manfaat Gula Aren yang Aman Dikonsumsi

Senin, 28 Agustus 2023 | 19:38 WIB
header img
Manfaat gula aren bagi penderita diabetes memiliki banyak manfaat dibandingkan dari gula putih yang banyak dihindari oleh penderita diabetes. (Foto: Featsoffeasts).

JAKARTA, iNewsPurwokerto.idManfaat gula aren bagi penderita diabetes perlu diketahui banyak orang. Sebab, gula aren memiliki banyak manfaat dibandingkan dari gula putih yang banyak dihindari oleh penderita diabetes.

Gula aren sendiri dapat menjadi pengganti gula yang aman bagi penderita diabetes, sebab, gula aren dapat menurunkan resiko lonjakan gula darah. Lantas seperti apa manfaat gula aren? Berikut ulasannya seperti dirangkum iNews.id dari berbagai sumber.

Gula aren sendiri diketahui terbuat dari air nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Gula aren juga memiliki warna yang berbeda, dan tidak berwarna putih, akan tetapi berwarna cokelat tua cair. Gula aren yang banyak ditemukan biasanya akan dijual dalam bentuk cetakan bulat atau kotak, namun ada pula yang memiliki bentuk serbuk, layaknya gula pasir, namun memiliki warna yang sangat berbeda.

Gula aren sendiri akan menjadi pilihan yang aman bagi penderita diabetes, meski untuk pemakaiannya tetap harus dibatasi.

Manfaat gula aren untuk diabetes

1. Memiliki indeks glikemik (IG) lebih rendah

Manfaat gula aren bagi penderita diabetes biasanya dapat digunakan sebagai pemanis tambahan pada minuman dan masakan. Dilansir dari laman U.S Department of Agriculture, 100 g (gram) gula aren mengandung 84,21 g gula alias sedikit lebih rendah dibandingkan kandungan gula di gula pasir yakni 100 g. Gula aren juga memiliki indeks glikemik (IG) 35 yang lebih rendah dibandingkan gula pasir dengan IG sebesar 68. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut