get app
inews
Aa Read Next : PT Pertamina Borong 6 Best Community Program di Vietnam

Kilang Cilacap Raih Platinum Pada Ajang Penghargaan Internasional di Vietnam

Jum'at, 01 September 2023 | 10:49 WIB
header img
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap mendapat penghargaan pada ajang The 15th Annual Global CSR and ESG Summit and Awards 2023 di Vietnam. (Foto: dok PT Kilang Pertamina Cilacap)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id – Keberhasilan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap dalam menginisiasi Energi Baru Terbarukan (EBT) di dusun terpencil kembali mendulang penghargaan. Bahkan, kali ini di level internasional pada ajang The 15th Annual Global CSR and ESG Summit and Awards 2023 di Vietnam, Selasa (29/8/2023).

PT KPI RU IV Cilacap mendapatkan Platinum Awards Best Environmental Excellence Award: "Renewable Energy Program for Community Empowerment in Underdevelop Area". Penghargaan diterima oleh Officer CSR and SMEPP PT KPI RU IV Aditya Anung Dwi Nugroho.

Annual Global CSR and ESG Summit and Awards 2023 merupakan penghargaan internasional yang diadakan oleh Pinnacle Group International dan berbasis di Vietnam. Penghargaan ini juga sebagai apresiasi terhadap karya terbaik untuk mendukung tujuan keberlanjutan dan Environmental Social Governance (ESG) seluruh perusahaan di dunia.

Area Manager Commrel and CSR PT KPI RU IV Cecep Supriyatna membenarkan program Energi Mandiri Tenaga Surya dan Angin (E-Mas Bayu) dan Energi Mandiri Tambak Ikan (E-Mbak Mina) di Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut menjadi cerita sukses penyumbang penghargaan.

“Ini menjadi pengakuan dunia internasional atas kontribusi kami dalam penerapan EBT. Sekaligus menjadi apresiasi untuk seluruh perwira KPI RU IV Cilacap yang konsisten menjalankan aspek ESG serta terus mengupayakan pemberdayaan masyarakat sekitar operasional kilang," katanya.

Dijelaskan, letak Dusun Bondan sangat terpencil dari pusat Kota Cilacap yang harus ditempuh selama dua jam perjalanan menggunakan perahu.

“Minimnya pasokan listrik daerah, serta sulitnya akses air bersih layak konsumsi di Dusun Bondan selama 20 tahun menjadi latar belakang penerapan program EBT PT KPI RU IV di dusun ini,“ ucap Cecep.

Berdasarkan analisis potensi dan permasalahan, pihaknya mengembangkan E-Mas Bayu dan E-Mbak Mina melalui pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH) yang memanfaatkan tenaga angin dan surya.

“Program ini dirintis sejak 2017. Diawali pemasangan Hybrid Energy One Pole (HEOP), lalu dikembangkan dengan PLTH sampai saat ini berkapasitas 16.200 wattpeak (wp). Kami juga melibatkan kalangan kampus, dalam hal ini Politeknik Negeri Cilacap,” ujar Cecep.

Ditambahkan, selain menerangi rumah warga sebanyak 78 Kepala Keluarga (KK), pengembangan program juga menyentuh pada penyediaan air bersih layak konsumsi melalui Sistem Desalinasi Air Berbasis Masyarakat (Sidesi Mas).

”Selain itu, juga untuk pemasangan sistem peringatan dini banjir rob, penggunaan aerator tambak ikan, hingga pengolahan aneka produk olahan ikan bagi kelompok ibu-ibu setempat,” ucap Cecep.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut