get app
inews
Aa Read Next : UMP Uji Keterampilan Baca Alquran Bagi 3.700 Mahasiswa Baru, Salah Satu Syarat Wisuda

Ini Keutamaan Baca Surat Al Kahfi Setiap Malam Jumat

Kamis, 20 Januari 2022 | 20:36 WIB
header img
Ada keutamaan besar membaca Surah Al Kahfi pada malam dan hari Jumat. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Setiap malam Jumat hingga hari Jumat keesokannya disunahkan untuk membaca surat Al Kahfi. Banyak keutamaan yang sangat besar tersimpan di baliknya. Maka itu, kaum Muslimin diimbau agar jangan sampai melewatkannya.

Diketahui bahwa Surat Al Kahfi memiliki arti "Para Penghuni Gua". Berada di urutan ke-18 dalam kitab suci Alquran, Surat Al Kahfi terdiri dari 110 ayat. Lalu termasuk surat Makkiyyah karena diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ketika berada di Kota Makkah, Arab Saudi.

Keutamaan dari Surah Al Kahfi sangatlah besar. Setiap Muslim yang membacanya di rentang waktu malam Jumat hingga hari Jumat sore keesokannya akan mendapat cahaya keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dihimpun dari Rumaysho, Kamis (20/1/2022), dijelaskan dalam riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Lalu dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut