get app
inews
Aa Read Next : UMP Uji Keterampilan Baca Alquran Bagi 3.700 Mahasiswa Baru, Salah Satu Syarat Wisuda

Dahsyatnya Membaca Alquran Setelah Sholat Subuh, Tingkatkan Kecerdasan hingga 80 Persen

Selasa, 19 Desember 2023 | 11:42 WIB
header img
Membaca Alquran setelah Sholat Subuh ternyata dapat meningkatkan kecerdasan otak seseorang hingga 80% lebih. Foto: Freepik

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Membaca Alquran setelah Sholat Subuh ternyata dapat meningkatkan kecerdasan otak seseorang hingga 80% lebih.

Sebagai seorang Muslim, luangkanlah waktu untuk mengaji Alquran. Meskipun belum sepenuhnya memahami tata cara yang benar, namu  dengan tekun membaca ayat-ayat suci Alquran, insya Allah akan membawa manfaat dan pahala dari Allah SWT. Namun lebih baik jika dapat memahami makna setiap ayat yang dibaca.

Mengaji tidak hanya memberikan pahala, beberapa ahli menyatakan bahwa aktivitas ini dapat meningkatkan kecerdasan otak hingga 80%. Hal ini terjadi karena adanya pergantian antara siang dan malam saat mengaji, melibatkan tiga aktivitas sekaligus: membaca, melihat, dan mendengar.

Menurut penjelasan Aidh Al-Qarni dalam karyanya "Durus al-Syaikh Aidh al-Qarni," Rasulullah Muhammad SAW menyatakan bahwa sholat Subuh adalah salah satu sholat yang disaksikan oleh para malaikat pada malam dan siang.

Nabi SAW bersabda: وتَجْتَمِعُ مَلائِكَةُ اللَّيْلِ ومَلائِكَةُ النَّهارِ في صَلاةِ الفَجْرِ "Dan para malaikat malam dan para Malaikat siang akan berkumpul dalam sholat subuh." (HR Bukhari dari jalur Abu Hurairah RA).

Nabi Muhammad SAW berharap agar umatnya memperpanjang bacaan Alquran saat sholat Subuh. Dengan begitu, bacaan Alquran tersebut dapat disaksikan oleh para Malaikat.

 Firman Allah SWT:

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوۡكِ الشَّمۡسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيۡلِ وَقُرۡاٰنَ الۡـفَجۡرِ‌ؕ اِنَّ قُرۡاٰنَ الۡـفَجۡرِ كَانَ مَشۡهُوۡدًا

Aqimis Salaata liduluu kish shamsi ilaa ghasaqil laili wa quraanal Fajri inna quraa nal Fajri kaana mashhuudaa

Artinya: Laksanakanlah shalat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula shalat) Subuh. Sungguh, shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat). (QS Al Isra:78).

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut