get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Kendalisada Art Festival Libatkan Lebih dari 2.000 Seniman

Rabu, 06 September 2023 | 18:08 WIB
header img
Kendalisada Art Festival Kembali Digelar, Libatkan Lebih dari 2.000 Seniman. Dok Kendalisada Art Festival

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Setelah tiga tahun vakum, Kendalisada Art Festival (KAF) kembali hadir pada akhir pekan ini, 9-10 September 2023. Suguhan event internasional berlatar budaya ini digelar di Pasar Wisata Kalisada, Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Banyumas.

Ketua panitia, Syarif Susanto, KAF tahun ini mengangkat tema "Reborn Jagad Rehwondo".Para peserta dari masyarakat desa setempat akan menampilkan berbagai kostum unik bertema kera. 

"Kalau dulu, KAF 1 itu temanya Hanoman jadi ada 1.000 Hanoman, sekarang ini para pengawalnya, yaitu rehwondo atau kera. Jadi nanti akan ada penampilan kostum kera dengan berbagai macam bentuk berdasarkan kreativitas masyarakat. Kira-kira lebih dari 1.000 orang yang terlibat," kata Syarif dalam keterangannya, Rabu (6/9/2023).

Syarif mengatakan, selain karnaval kostum kera, masyarakat juga akan menggelar grebeg gunungan hasil bumi atau Sedekah Bumi yang akan menampilkan lebih dari 1.000 takir. 

Untuk KAF tahun ini, selain dari Banyumas, akan hadir pula seniman dari berbagai negara. Diantaranya Rodrigo Parejo (Spanyol) yang membawakan performing art berjudul The Java Spring feat Lengger Rianto, Victor Hugo Hidalgo (Meksiko), Cristina Duque (Ekuador), Yuuka Koyama, Kanami, Miray Kawasima dan Kaori Okado (Jepang). 

Selain itu, hadir pula seniman Indonesia seperti Pulung Dance Yogyakarta, Iing Suryani dan Sekolah Teater Indramayu serta Rumah Lengger Banyumas.

Penggagas Kendalisada Art Festival, Rianto mengatakan jika KAF melibatkan masyarakat yang akan menampilkan lengger dan kentongan. Adapula kesenian begalan yang akan digarap secara teatrikal oleh warga Kaliori.

"Masyarakat akan menampilkan lengger dan kentongan. Selain itu kami mengangkat seni begalan yang merupakan kesenian tradisional yang hampir punah. dan hasil dari workshop rehwondo," kata Rianto.

Rianto menjelaskan, KAF tahun ini seolah lahir kembali dalam kemasan dan nuansa baru. Sebab, partisipasi masyarakat menjadi inti dari pagelaran akbar ini.

"Tahun ini ada lima gunungan sebagai simbol dari Pancasila atau sedulur papat kalima pancer. Hasil bumi yang ada di masyarakat akan didoakan sebagai berkah atau rasa syukur masyarakat kepada jagatnya," ujarnya.

Kepala Desa Kaliori, Dino Sudjanto mengungkapkan, masyarakat memberikan dukungan penuh pada event tahun ini. Mereka terlibat pada workshop seni serta persiapan acara. 

"Sebagian besar talent lokal ini justru berasal dari masyarakat setempat. Nanti juga ada pawai kostum kera kreatif, yang melibatkan seluruh RT dan RW memperbutkan Sadewo Rehwondo Cup," katanya.

Selain itu, seniman dari Kaliori juga menampilkan sejumlah kesenian yang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda tampil dalam acara ini seperti Begalan dan Lengger Lanang sendiri.

Asisten Penyela Perkasan BI Purwokerto, Tri Santoso mengatakan, pada kesempatan tersebut pihaknya akan mengkampanyekan Cinta, Bangga dan Paham uang Rupiah melalui pendekatan kearifan lokal. 

"KAF ini menarik, dan kami masuk dalam kegiatan ini terkait sosialisasi cinta Rupiah. Kami akan membawa kampanye untuk mengenal keaslian uang, menjaga uang dan cinta, bangga dan paham uang Rupiah dengan mengundang seniman dari Pacitan dan Solo," katanya.  

Ke depannya, pihaknya bersama KAF ini akan membuat pertunjukkan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut