get app
inews
Aa Read Next : Banyumas Aesthetic Kota Lama Bakal Seru, Simak Jadwal Lengkapnya

Pesta Sinema Festival Film Banyumas 2023 Digelar, Ini Agenda Lengkapnya

Minggu, 17 September 2023 | 09:07 WIB
header img
Komisi Film Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas mengadakan acara Festival Film bertajuk Pesta Sinema Festival Film Banyumas 2023 atau PSFFB 2023. (Foto: Istimewa)

Komunitas penggagas dan pelaksana PSFFB 2023 yakni Cakrabuana Kreasindo yang berkegiatan tetap sebagai tempat produksi film-film pendek dan pelatihan produksi film. Kemudian PROSE, merupakan sayap komunitas dari PT Oemah Seni Production yang berkecimpung dalam produksi dan pemutaran film serta penyedia jasa fixer atau perizinan, pendampingan dan support pada produksi film atau peliputan terutama yang dilakukan oleh orang asing.

Lalu ada Banyumas Movie Storage (BMS) sebuah komunitas yang bergerak dalam dalam bidang literasi digital untuk mengumpulkan film-film karya sineas Banyumas.

Proses submiting karya film akan ditutup tanggal 24 September 2023, penjurian dilakukan pada 29 September 2023, lalu penganugerahan pemenang akan dilakukan pada 3 Oktober 2023 di Gedung Kesenian Suteja Purwokerto. 

Dari sisi kompetisi selain menggunakan juri lokal, PSFFB 2023 juga melibatkan Yongky Ongestu, sutradara film, Jakarta dan Nervita Primadevi, dosen ISI Surakarta. Pemenang untuk PSFFB 2023 ini meliputi kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, Sinematografi Terbaik dan Penulis Cerita Terbaik.

“Panitia berharap agar langkah kecil yang dilakukan saat ini akan dapat menjadi tangga menuju terciptanya ajang festival film tahunan di Kabupaten Banyumas yang berkelanjutan, serta bertumbuh dalam segi kualitas penyelenggaraan dan dapat memberi andil dalam pengembangan dunia sinematografi dan terciptanya ekosistem perfilman di Kabupaten Banyumas yang baik,”tandasnya.

Agenda PSFFB 2023:

24 September 2023      : Penutupan pengumpulan karya film pendek

29 September 2023      : Penjurian

3 Oktober 2023             : Malam Penganugerahan Pemenang

5 Oktober – 30 Oktober : Pemutaran keliling
 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut