get app
inews
Aa Read Next : Video Water Canon Dikerahkan untuk Semprot Pasar Terbesar di Purwokerto

Bawor Mart, Toko TPID yang Berfungsi Kendalilan Inflasi dan Stabilisasi Harga

Kamis, 21 September 2023 | 15:14 WIB
header img
Toko TPID Bawor Mart di Pasar Wage, Purwokerto yang diresmikan pada Kamis (21/9/2023). (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Keberadaan Toko TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) di Pasar Wage bernama Bawor Mart diharapkan berfungsi untuk menstabikan harga dan mengendalikan inflasi. 

Bupati Banyumas Achmad Husein memastikan pembukaan Toko Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Banyumas Bawor Mart (Bahan Pokok Purwokerto Mart) bertujuan untuk mencegah inflasi di Banyumas.

"Tujuannya adalah untuk mengendalikan inflasi,”jelas Bupati Banyumas Achmad Husein usai meresmikan Toko TPID Bawor Mart di Pasar Wage, Purwokerto, Kamis (21/9/2023). 

Keberadaan Bawor Mart merupakan bagian dari kolaborasi antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto dan TPID Banyumas.

Bupati mengatakan selain di Pasar Wage, sebelumnya sudah ada Toko TPID Banyumas di Pasar Manis Purwokerto. 

Oleh karena itu, katanya, Toko TPID Bawor Mart di Pasar Wage dapat berperan sebagai penyedia kebutuhan bahan pokok bagi pedagang, seperti beras dan minyak goreng.

Bahkan ketika terjadi lonjakan harga komoditas seperti beras, ia menambahkan, Toko TPID dapat melakukan intervensi dengan menyediakan lebih banyak beras agar harga tetap terkendali.

“Toko ini dapat segera melakukan operasi pasar beras agar harga tetap terkendali," tegasnya.

Menurutnya, pedagang dapat bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Petani (BUMP) PT Bawor Tani Amanah Sejahtera, yang mengelola Toko TPID Bawor Mart untuk menyediakan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut