get app
inews
Aa Read Next : KPU Banyumas Evaluasi Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, KPU Provinsi Apresiasi Pemanfaatan Media Sosial

Siap Sukseskan Pemilu 2024, Purbalingga Gelar Penguatan Kebangsaan

Kamis, 21 September 2023 | 18:52 WIB
header img
Siap Sukseskan Pemilu 2024, Purbalingga Gelar Kegiatan Kebangsaan. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Direktorat Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan melaksanakan Kegiatan Fasilitasi Penguatan Karakter dan Wawasan Kebangsaan di Hotel Owabong Purbalingga, Kamis (21/9/2023). Kegiatan ini untuk mensukseskan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024.

Kepala Badan Kesbangpol Purbalingga, Pandi, mengatakan kegiatan ini untuk menghadapi pesta demokrasi pilkada serentak 2024.

"Dengan diselenggarakannya kegiatan ini semakin menguatkan karakter dan wawasan kebangsaan dalam rangka mensukseskan pemilu 2024," kata Pandi dalam keterangannya.

Pandi mengatakan Pemkab Purbalingga melalui Kesbangpol juga telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk penguatan karakter dan wawasan kebangsaan serta upaya meningkatkan partisipasi politik masyarakat.

"Seperti sosialisasi deteksi dini penanganan konflik sosial, penguatan ideologi pancasila, sosialisasi P4GN, pemantauan kelancaran penyelenggaraan pemilu, serta sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula yang kita laksanakan di sekolah-sekolah," ujarnya.

Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Kemendagri, Drajat Wisnu Setyawan mengatakan, belajar dari penyelenggaraan pemilu serentak 2019, di mana banyak diwarnai oleh konflik-konflik sosial yang dibumbui dengan berita hoax terkait isu-isu SARA, maka pesta demokrasi 2024 harus memiliki persiapan yang lebih matang.

"Kita harus siap mengawal momen bersejarah tersebut, kita harus banyak belajar dari pengalaman pemilu sebelumnya yang merupakan pemilu pertama yang dilaksanakan secara serentak. Maka pesta demokrasi 2024 harus memiliki persiapan yang lebih matang," ucapnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut