get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Petani Banjarnegara Panen Cempe dan Pesta Patok Bantuan UPLAND Project

Rabu, 27 September 2023 | 12:35 WIB
header img
Petani Banjarnegara Panen Cempe dan Pesta Patok Bantuan UPLAND Project. Foto: Elis Novit

BANJARNEGARA, iNewsaPurwokerto.id- Ratusan anakan domba atau cempe dan pesta patok dipamerkan hasil bantuan Program Development of Integrated Farming System in Upland Areas (UPLAND) di Kabupaten Banjarnegara. Hasil baik pengembangan ternak fasilitasi UPLAND dipamerkan sebagai bentuk rasa syukur.

Sekretaris Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Banjarnegara, Herrina Indri Hastuti, mengatakan jika ada 33 kelompok tani dan 36 kelompok wanita tani dari 23 desa di empat kecamatan seperti Pejawaran, Pagentan, Kalibening dan Batur yang ikut dalam pameran di Lapangan Desa Karangsari, Pejawaran.

Herrina yang juga merupakan Ketua Project Implementation Unit UPLAND Banjarnegara ini menjelaskan jika dalam pameran ini terdapat empat kegiatan, yakni panen 310 ekor cempe hasil dari 520 ternak bantuan Upland, lelang 134 ekor cempe atau anakan kambing, gerakan minum susu untuk 400 siswa SD dan SMP, serta Expo ternak unggulan Domba Batur.

Herrina mengatakan, panen cempe dan pesta patok ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan populasi dan produktivitas komoditas ternak unggul. Sebab, seperti domba batur merupakan ternak khas unggulan yang menjadi penghasil daging dan wool, di mana domba ini bisa memiliki bobot maksimal antara 80 hingga 1 kwintal lebih.

Dengan upaya yang dilakukan ini, diharapkan dapat menghasilkan daging dan susu sebagai asupan gizi dan mencegah stunting. Selain itu, pameran ini dapat memberikan motivasi kepada para peternak dan masyarakat yang ada di dataran tinggi Dieng untuk melakukan budi daya ternak dengan baik.

“Harapannya akan membawa kesejahteraan masyarakat. Sejuta cempe mewujudkan kesejahteraan. Pada saatnya kita sadar bahwa jumlah ternak akan lebih banyak dari jumlah penduduk,” kata Herrina, Rabu (27/9/2023).

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut