get app
inews
Aa Read Next : Napi Lapas Nusakambangan Dilatih Pembuatan Pupuk Organik

KPI RU IV Cilacap Raih Penghargaan Dharma Karya Madya dari Kementerian ESDM

Rabu, 04 Oktober 2023 | 09:05 WIB
header img
KPI RU IV Cilacap meraih penghargaan Dharma Karya Madya dari Kementerian ESDM. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap berhasil meraih penghargaan Dharma Karya Madya dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia. 

Prestasi ini datang setelah tim Project Collaboration Improvement (PC Prove) Omega sukses menciptakan inovasi Green Energy, yakni produk Pertamina Renewable Diesel (RD).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri ESDM, Arifin Tasrif, kepada tim Project Collaboration Improvement (PC Prove) Omega, yang merupakan salah satu kelompok tenaga kerja unggul di RU IV Cilacap, di Plaza Setjen Kementerian ESDM, Jakarta, pada hari Senin, 2 Oktober 2023.

Ketua PC Prove Omega PT KPI RU IV, Mulyono, menjelaskan bahwa timnya telah mengembangkan inovasi yang berjudul 'Produksi Pertamina RD terkait Green Refinery sebagai Proyek Strategis Nasional melalui Improvement Fleksibilitas Unit TDHT di PT KPI RU IV Cilacap'. 

"Inovasi PC Prove Omega dalam memproduksi Pertamina RD adalah langkah konkret dari PT KPI untuk mendukung pemerintah dalam mencapai transisi Green Energy yang berkelanjutan dan mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060," katanya.

Pertamina RD adalah bahan bakar diesel ramah lingkungan yang dihasilkan dari pengolahan minyak kelapa sawit (Refined Bleached Deodorized Palm Oil/RBDPO) di unit TDHT melalui serangkaian proses yang menghasilkan produk Green Diesel. 

Mulyono menjelaskan uji coba pengolahan bahan nabati telah dimulai sejak tahun 2014 melalui co-processing, yang berarti mencampur bahan bakar nabati dengan bahan bakar fosil. “Tujuannya menghasilkan biofuel berkualitas tinggi dan kompatibel tanpa batasan dalam campuran bahan bakar diesel,”jelasnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut