get app
inews
Aa Read Next : Longsor di Banyumas, Perjalanan KA Jarak Jauh Tujuan Daop 8 Dialihkan

Jalur Selatan KA Belum Normal, Proses Evakuasi Kereta Terus Berjalan

Rabu, 18 Oktober 2023 | 08:26 WIB
header img
Puluhan petugas terus berusaha untuk mengevakuasi Kereta Api Argo Semeru dan Kereta Api Argo Wilis yang mengalami kecelakaan di Kulonprogo. (Foto: iNews.id)

YOGYAKARTA, iNewsPurwokerto.id-Puluhan petugas terus berusaha untuk mengevakuasi Kereta Api Argo Semeru dan Kereta Api Argo Wilis yang mengalami kecelakaan di Kalimenur, Sukoreno, Sentolo, Kulonprogo

PT KAI masih akan mengevakuasi enam rangkaian (gerbong) yang berada di lokasi.

PT KAI Daop 6 Yogyakarta terus berupaya mengevakuasi KA 17 Argo Semeru yang beroperasi dari Surabaya Gubeng ke Gambir di KM 520 + 4 petak jalan antara Stasiun Sentolo dan Stasiun Wates pada hari Selasa (17/10) pukul 13.15 WIB. Hingga pagi ini masih ada enam rangkaian yang belum dievakuasi di lokasi.

"Kereta yang masih berada di jalur KA dan menunggu dievakuasi ada 6 rangkaian, terdiri dari 2 kereta rangkaian Argo Wilis dan 4 rangkaian Argo Semeru," kata Manager Humas KAI Daop 6, Krisbiyantoro, Rabu (18/10/2023). 

Upaya evakuasi melibatkan penggunaan alat berat untuk mengangkat kereta ke jalur KA dan memperbaiki jalur agar kereta dapat ditarik.

Proses evakuasi dipantau langsung oleh Direktur Pengelolaan Prasarana KAI, Direktur Operasi KAI, dan EVP 6 Yogyakarta. 

PT KAI telah berhasil mengevakuasi 1 kereta Pembangkit, 5 kereta Eksekutif, dan 1 kereta Suite Class Compartment ke Stasiun Wates. Selanjutnya, 3 kereta Eksekutif telah berhasil dievakuasi ke Stasiun Sentolo.

Sementara itu, sejumlah kereta api keberangkatan awal Daop 6 melakukan rekayasa jalur atau membatalkan sebagian perjalanan, termasuk Argo Dwipangga, Taksaka, Senja Utama Solo, Senja Utama Yk, Lodaya, Sancaka, Bengawan, Manahan, Gajahwong, dan Jaka Tingkir.

Pembatalan tiket kereta api banyak dilakukan oleh penumpang di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solo Jebres, yang merupakan stasiun persimpangan.

KAI Daop 6 Yogyakarta memohon maaf karena jalur KA belum dapat beroperasi normal. Mereka meminta doa dari masyarakat agar jalur KA dapat segera dinormalisasi sehingga lalu lintas kereta api dapat pulih kembali.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut