get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Tingkatkan Kualitas Produksi, Rumah BUMN Telkom Banjarnegara Latih Petani Kopi

Kamis, 19 Oktober 2023 | 17:11 WIB
header img
Tingkatkan Kualitas Produksi, Rumah BUMN Telkom Banjarnegara Latih Petani Kopi. Foto: Ist

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.id - Untuk meningkatkan kualitas hasil produksi kopi yang ada di Desa Gunung Jati, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara. Rumah BUMN Banjarnegara yang dinaungi oleh PT Telkom mengadakan pelatihan Technical Skill untuk para petani yang tergabung dalam Kelompok Bina Lestari desa setempat. 

Pelatihan yang digelar mulai 18-20 Oktober 2023 ini, dibuka oleh CEO & CFO Muda Rumah BUMN Jawa Tengah Iman Firmansyah dan Putri Irmawati. Pelatihan untuk para petani ini sendiri meliputi penanganan pasca panen kopi hingga pelatihan roasting.

Menurut Ketua Kelompok Tani Bina Lestari, Sukirlan Iksan mengatakan jika kelompoknya membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan kualitas produksi dan kualitas hasil produksi agar maksimal.

"Selama ini kendalanya kekurangan peralatan dan kemampuan untuk pengolahan kopi. Sehingga roasting menggunakan jasa dari luar karena biaya produksi tinggi," kata Sukirlan kepada wartawan, Kamis (19/10/2023).

Menurut Sukirlan, kelompok yang didirikan sejak 2008 ini sudah memiliki anggota sekitar 30 orang petani dengan jumlah produksi kopi asli Desa Gunung Jati yang mencapai 2.8 ton. Kopi yang diproduksi sendiri berjenis robusta yang ditanam di lahan seluas 13 hektare.

"Selama ini hasil jadi produksi perbulan dari kelompok bina lestari 70 Kilogram. Pemasaran masuk minimarket, pemasaran online untuk kopi jenis robusta," ucapnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut