get app
inews
Aa Read Next : Siapapun Dapat Kuliah di UMP, Rektor Sambut Siswa SMA Maarif NU Jatinegara Tegal

UMP Kukuhkan Posisi Internasional Melalui Kerjasama dan Prestasi Unggul

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 16:15 WIB
header img
Universitas Muhammadiyah Purwokerto

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus membuktikan komitmennya dalam mengukuhkan posisinya di tingkat internasional. Hal ini terwujud melalui berbagai inisiatif kerjasama internasional dan pencapaian akademik yang luar biasa.

"Prestasi UMP juga tercermin dalam reputasinya di tingkat internasional. UMP menempati peringkat 27 dari 700 perguruan tinggi swasta di wilayah ASEAN dan peringkat 39 dari 415 perguruan tinggi Islam di seluruh dunia. Secara nasional, pada tahun 2020, UMP menduduki posisi lima besar dari 173 perguruan tinggi Muhammadiyah, peringkat 49 dari perguruan tinggi swasta (PTS) dan perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia,” kata Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso, dalam keterangannya Jumat (20/10/2023). 

Saat ini, lanjutnya, UMP memiliki lebih dari 98 kemitraan internasional yang mencakup berbagai aktivitas di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat (PPM), dan studi lanjut bagi dosen perguruan tinggi luar negeri. 

“Dalam bidang pendidikan, UMP telah mengembangkan 43 aktivitas kerjasama internasional, termasuk program magang, mobilitas mahasiswa dan staf, transfer kredit internasional, program Sea Teacher Project, serta penelitian bersama dan publikasi internasional,” jelasnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam bidang penelitian, UMP telah menjalankan 78 aktivitas kerjasama internasional, yang mencakup beragam disiplin ilmu. Perguruan tinggi ini juga aktif dalam 12 proyek kerjasama internasional di bidang pengabdian kepada masyarakat (PPM), di mana UMP berkontribusi pada pengembangan masyarakat lokal dan berbagi pengetahuan.

Selain itu, UMP telah menjadikan inovasi sebagai salah satu ciri khasnya. Perguruan tinggi ini menjadi satu-satunya yang memiliki kebun Plasma Nutfah kelapa kopyor dengan teknologi kultur jaringan, serta Germplasm (Plasma Nutfah) pertama di dunia. Hasil penelitian dosen UMP juga telah meraih pengakuan dan izin edar internasional, seperti BioColoMelt-Dx yang berdampak pada ekonomi nasional dan internasional.

“UMP juga telah memperoleh sertifikasi Internasional ISO 9001:2015, menunjukkan komitmen institusi ini untuk mencapai standar kualitas tinggi dalam pendidikan dan pengelolaan universitas,” ungkapnya. 

Semua pencapaian ini membuktikan bahwa UMP terus berupaya mengukuhkan posisinya di tingkat internasional dan nasional melalui kemitraan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pencapaian akademik yang unggul.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut