get app
inews
Aa Read Next : Basis Targetkan Kemenangan Spektakuler di Banyumas 

10 Fakta Prostitusi Online di Purwokerto Jual Anak di Bawah Umur hingga Ibu Hamil, Perawan Rp15 Juta

Selasa, 31 Oktober 2023 | 12:33 WIB
header img
Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng berhasil membongkar praktik prostitusi online di kawasan wisata Baturraden, Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Foto:SINDOnews

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id – Penyidik Subdirektorat V (Cyber Crime/Kejahatan Siber) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng berhasil membongkar praktik prostitusi online di kawasan wisata Baturraden, Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Kasus tersebut terungkap setelah Polda Jateng melakukan patroli siber.

Lantas seperti apa fakta-fakta prostitusi online Yann terjadi di kawasan wisata Baturraden, Purwokerto, Banyumas. Berikut ulasannya seperti dirangkum iNews.id.

1. Adanya Pengaduan Masyarakat soal maraknya Prostitusi Online di Medsos

Direktur Reskrimsus Polda Jateng Kombes Pol Dwi Subagio mengatakan jika kasus ini terungkap berdasarkan banyaknya pengaduan masyarakat soal prostitusi online di media sosial. Penyidik Subdit V yang menerima laporan tersebut langsung melakukan upaya patroli siber.

2. Ditemukan Konten Jasa Layanan Seksual

Dari patroli siber yang dilakukan, penyidik menemukan adanya pengguna akun Facebook SZ yang memposting berbagai konten yang menawarkan jasa layanan seksual. Postingan konten tulisan tersebut diketahui berada disebuah grup Facebook yang ada di Kabupaten Banyumas. Kemudian pada Kamis (5/10), tim berangkat menuju Kabupaten Banyumas untuk melakukan pencarian terhadap pengguna akun Facebook SZ yang ditemukan di wilayah Baturraden, Banyumas.

3. Tersangka Germo Beraksi Sejak 2020

Dari upaya pengungkapan tersebut, tim berhasil melakukan penangkapan dan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan ditemukan fakta baru jika tersangka telah melakukan kejahatan ini sejak tahun 2020. TKP penangkapan dilakukan di Hotel Tamansari Baturraden, Jl Komplek Wisata Baturraden, Purwokerto.Tersangka merupakan seorang laki-laki berinisial RW warga Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Dia merupakan germo dalam kasus prostitusi online ini.

4. Polisi Temukan Pil KB hingga Alat Kontrasepsi

Saat berada di TKP, polisi mendapati barang bukti 16 alat kontrasepsi, uang senilai Rp600.000, 1 ponsel, 41 butir pil KB. Selain itu adapula barang bukti lain berupa 4 screenshoot tampilan akun Facebook SZ, HK, PI dan AG, sebuah ponsel warna hitam, postingan akun Facebook SZ di Grup PL Area Banyumas PWT PBG Kroya Cilacap, postingan akun Facebook SZ di Grup PL Purwokerto dan postingan akun Facebook SZ di Forum Dunia Malam Purwokerto.

5. Modus Tersangka Transaksi dengan Pelanggan

Untuk melakukan transaksi dengan pelanggan, tersangka dan calon pelanggan melakukan transaksi setelah terjadi kesepakatan harga. Tersangka kemudian mengarahkan calon pelanggan untuk menuju tempat yang telah disiapkan. Pembayaran diberikan secara langsung oleh pelanggan kepada tersangka setelah selesai melakukan layanan seksual tersebut. Tersangka meyakinkan calon pelanggannya dengan mengirimkan foto-foto perempuan yang akan ditawarkan melalui pesan WA. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut