get app
inews
Aa Read Next : Banyumas Disebut Dalam Gugatan MK, Kunjungan Jokowi dan Prabowo Jadi Bahan

Intip Kecanggihan PLTS Terapung Cirata Terbesar di Asean yang Diresmikan Jokowi

Kamis, 09 November 2023 | 09:42 WIB
header img
Intip Kecanggihan PLTS Terapung Cirata Terbesar di Asean yang Diresmikan Jokowi. Foto: PLN

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung atau Floating Solar PV Cirata, Kamis (9/11/2023). Proyek PLTS Terapung Cirata ini menjadi PLTS terapung terbesar di kawasan Asia Tenggara dan nomor tiga di dunia.

"Hari ini merupakan hari yang bersejarah karena mimpi besar kita untuk membangun pembangkit energi baru terbarukan dalam skala besar akhirnya bisa terlaksana dan kita berhasil membangun salah satu pembangkit listrik tenaga surya terapung yang terbesar di Asia tenggara dan nomor tiga di dunia," kata Jokowi dalam sambutannya dikutip dari Okezone, Kamis (9/11/2023).

PLTS Terapung Cirata sendiri memiliki kapasitas 192 megawatt peak (MWp) dengan luas 200 hektare, PLTS yang dibangun di atas Waduk Cirata ini berada di tiga Kabupaten Jawa Barat, diantaranya Kabupaten Purwakarta, Cianjur, dan Bandung Barat.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan jika pihaknya telah merencanakan pembangunan PLTS ini sejak tahun 2021. Pembangunan PLTS Terapung Cirata sudah berjalan kurang-lebih tiga tahun dengan kolaborasi antara PT PLN (Persero) melalui subholding PLN Nusantara Power bersama dengan perusahaan asal Uni Emirat Arab (UEA), Masdar.

PLTS Terapung Cirata sendiri lanjutnya adalah Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dapat memasok energi bersih untuk sistem kelistrikan wilayah Jawa Bali.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut