get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Keperawatan UMP Lolos Program MBKM Internship Jepang

Luar Biasa, Seekor Kepiting Salju Terjual Rp1,03 Miliar dalam Sebuah Lelang

Jum'at, 10 November 2023 | 13:37 WIB
header img
Kepiting salju yang laku terjual Rp1,03 miliar dalam lelang, disajikan dalam bentuk masakan. Foto: The Straigt Time

TOKYO, iNews.id - Seekor kepiting salju baru saja terjual dengan harga fantastis dalam lelang di Jepang, mencapai 10 juta yen atau sekitar Rp1,03 miliar. Kepiting salju ini memiliki berat sebesar 1,2 kg.

Lelang ini berlangsung di pelabuhan perikanan Hamasaka, Kota Shinonsen, Hyogo, pada hari Senin, menjadi acara perdana musim lelang kepiting salju tahun ini.

Kepiting istimewa ini kini dimiliki oleh Ryosuke Uemura (47), pemilik restoran Ryouriya Uemura di Kobe.

"Saya ingin mendapatkannya pada hari pertama, tanpa memandang situasinya. Kepiting dari pelabuhan perikanan Hamasaka memiliki kualitas tinggi, dan saya berharap kepiting ini semakin dikenal. Saya berencana menyajikannya kepada para pengunjung restoran," ujar Uemura, sebagaimana dilaporkan oleh surat kabar The Mainichi.

Angka penjualan ini berhasil memecahkan rekor lelang kepiting di Prefektur Hyogo, yang sebelumnya mencapai 3,15 juta yen pada tahun 2022. Sementara itu, rekor tertinggi sebelumnya di Jepang tercatat pada tahun 2019, ketika seekor kepiting salju dilelang di Tottori dengan harga 5 juta yen.

Kepiting jantan ini memiliki berat sekitar 1,2 kg dan lebar 14,6 cm. Kepiting salju yang baru saja memecahkan rekor ini adalah jenis matsuba-gani, yang artinya "kepiting jarum pinus".

Nama tersebut mencerminkan karakteristik kepiting yang panjang dan ramping. Matsuba-gani merupakan sebutan khusus untuk kepiting salju jantan yang tertangkap di kawasan Sanin, wilayah yang membentang di sepanjang pantai barat daya Pulau Honshu.


Kepiting salju.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut