get app
inews
Aa Read Next : Daftar Pemenang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2023, SMPN 1 Cilacap Raih Medali Emas

Keren, Siswa SMP Negeri 1 Cilacap Raih Emas pada Olimpiade Penelitian

Senin, 13 November 2023 | 09:14 WIB
header img
Siswa SMP Negeri 1 Cilacap berhasil meraih Medali Emas pada ajang OPSI SMP tahun 2023 Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-Aretha Gitza Rasendriya dan Fityan Zaky Kamaluddin dari SMP Negeri 1 Cilacap berhasil meraih Medali Emas pada ajang OPSI SMP tahun 2023 Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan.

OPSI adala ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). BPTI merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

OPSI tahun 2023 berlangsung di Universitas Tarumanagara (Untar) DKI Jakarta pada tanggal 6-10 November 2023. 

Pada jenjang SMP, terdapat 100 Finalis dari berbagai daerah di Indonesia yang terbagi menjadi tiga bidang, yakni Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan, dan Budaya, serta Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

Aretha Gitza Rasendriya dan Fityan Zaky Kamaluddin, sebagai finalis OPSI dari SMP Negeri Cilacap, menyajikan penelitian dengan judul "Efektivitas Penggunaan Daun Ketapang (Terminalia Catappa) untuk Memperpanjang Masa Simpan Kerang Totok (Geloina Erosa)".

Setelah melewati penjurian yang ketat, Aretha Gitza Rasendriya dan Fityan Zaky Kamaluddin berhasil meraih Medali Emas pada kategori Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan di OPSI SMP tahun 2023.

Penelitian mereka bertujuan memberdayakan kerang totok (Geloina Erosa) yang melimpah di wilayah perairan Cilacap, namun memiliki masa simpan yang singkat. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut