get app
inews
Aa Read Next : Link Streaming Angkat Besi Olimpiade Paris 2024, Ada Lifter Nurul Akmal 

Sosok Rizki Juniansyah, Lifter 21 Tahun tah Hanya Raih Emas Tapi Pecahkan Rekor Olimpiade

Jum'at, 09 Agustus 2024 | 08:09 WIB
header img
Rizki Juniansyah berhasil memecahkan rekor Olimpiade. (Foto: IG Pribadi)

PARIS, iNewsPurwokerto.id - Rizki Juniansyah berhasil menjadi peraih medali emas kedua bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Rizki tampil luar biasa di kelas 73 kg putra.

Perlombaan ini berlangsung di South Paris Arena 6, Paris, Prancis, pada Jumat (9/8/2024) dini hari WIB. Rizki memastikan medali emas setelah mencatatkan total angkatan 354 kg.

Raihan tersebut terdiri dari 155 kg di snatch dan 199 kg di clean & jerk. Bahkan, Rizki Juniansyah berhasil memecahkan rekor Olimpiade untuk angkatan clean & jerk.

Rizki berhasil mengalahkan angkatan dari Shi Zhiyong asal China, yang sebelumnya mencatatkan angkatan 198 kg di Olimpiade Tokyo 2020. Prestasi yang diraih Rizki ini membuatnya menjadi atlet termuda Indonesia yang meraih emas di Olimpiade, melampaui rekor Susy Susanti pada tahun 1992.

Rizki merupakan atlet kelahiran Serang, 17 Juni 2003. Atlet berusia 21 tahun ini adalah putra dari mantan atlet angkat besi Indonesia, Muhammad Yasin.

Kemampuan luar biasa dalam angkat besi yang dimiliki Rizki menurun dari sang ayah. Muhammad Yasin sendiri pernah tiga kali tampil di SEA Games pada era 1983 hingga 1993.

Rizki Juniansyah pertama kali tampil membela Indonesia pada Kejuaraan Asian Youth Championship 2019, di mana ia berhasil menyumbangkan medali perak saat berlaga di kelas 67 kg.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut