get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswi UIN Saizu Purwokerto Masuk Nominator Duta Baca Jawa Tengah

Inovasi Padu Dadi Gemuyu di Banyumas, Apa Itu? 

Rabu, 15 November 2023 | 08:04 WIB
header img
Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro meluncurkan inovasi Padu Dadi Gemuyu. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro meluncurkan inovasi PADU DADI GEMUYU (Perencanaan Terpadu Berbasis Data Digital untuk Percepatan Pengentasan Kemiskinan Menuju Banyumas Maju).

Inovasi tersebut merupakan gagasan dari Dedy Noerhasan, Kepala Bappedalitbang Banyumas. Peluncuran ini bertujuan untuk mendukung percepatan penurunan tingkat kemiskinan di Kabupaten Banyumas dan dilakukan pada Selasa (14/11/2023) di Krisna Ballroom Java Heritage Hotel Purwokerto.

Dedy Noerhasan, Kepala Bappedalitbang Banyumas, menjelaskan bahwa PADU DADI GEMUYU adalah konsep akselerasi penanggulangan kemiskinan yang berfokus pada perencanaan dan pengelolaan data digital agar upaya penanggulangan kemiskinan dapat tepat sasaran.

"Inovasi ini akan menyelaraskan data antara berbagai pemangku kepentingan, merumuskan kebijakan kolaboratif untuk penanganan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), meningkatkan kualitas perencanaan desa, dan memanfaatkan data spasial berbasis digital," ujarnya.

Pj Bupati Hanung menyambut inovasi ini dengan antusias, karena penurunan tingkat kemiskinan merupakan salah satu dari tiga fokus utama yang ingin ia selesaikan di Kabupaten Banyumas.

"Selain upaya mengendalikan inflasi dan mencapai target penurunan stunting menjadi 14% pada tahun 2024," katanya.

Hanung menyatakan komitmennya untuk terus memantau dan bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan organisasi terkait untuk mengatasi kemiskinan di Kabupaten Banyumas.

Ia menjelaskan bahwa satu OPD akan didedikasikan untuk mendampingi dan bertanggung jawab terhadap dua desa yang termasuk dalam kategori daerah miskin.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut