get app
inews
Aa Read Next : Banyumas Disebut Dalam Gugatan MK, Kunjungan Jokowi dan Prabowo Jadi Bahan

75 Persen Masyarakat tak Setuju Politik Dinasti

Jum'at, 17 November 2023 | 12:20 WIB
header img
Saiful Mujani saat memberikan pernyataan hasil survei. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id-Sebanyak 75 persen masyarakat tidak setuju terhadap upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam membangun dinasti politik. Demikian hasil survei Saiful Mujani Research And Consulting (SMRC).

Gibran Rakabuming, anak Jokowi, saat ini menjabat sebagai Wali Kota Surakarta dan menjadi Calon Wakil Presiden yang mendampingi Prabowo Subianto. Sementara menantunya, Bobby Nasution, menjabat sebagai Wali Kota Medan. Anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, juga diangkat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Sebanyak 68 persen responden menyatakan keyakinan bahwa Jokowi tengah mengembangkan politik dinasti. Dari mereka yang mengetahui, 75 persen menyatakan ketidaksetujuan terhadap Presiden Jokowi dalam membangun politik dinasti," ujar Saiful Mujani dalam pernyataannya pada Kamis (16/11/2023).

Saiful menjelaskan bahwa politik dinasti merujuk pada penguasaan kekuasaan yang didapatkan melalui ikatan keluarga, yang turun-temurun dari generasi ke generasi, misalnya dari ayah ke anak.

"Dalam konteks ini, ada pihak yang berusaha memperoleh kekuasaan, dan di pihak lain terdapat mereka yang sedang berkuasa," tambahnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut