get app
inews
Aa Read Next : Banyumas Disebut Dalam Gugatan MK, Kunjungan Jokowi dan Prabowo Jadi Bahan

75 Persen Masyarakat tak Setuju Politik Dinasti

Jum'at, 17 November 2023 | 12:20 WIB
header img
Saiful Mujani saat memberikan pernyataan hasil survei. (Foto: Istimewa)

Politik dinasti tidak terjadi jika tidak ada pihak yang sedang berkuasa. Seseorang bisa menjadi pejabat publik seperti gubernur dan bupati, dikatakan punya karakteristik dinasti apabila ia memperoleh kekuasaan atau jabatan tersebut terkait dengan pihak yang sedang berkuasa. 

"Artinya, pihak yang tengah berkuasa memiliki hubungan keluarga dengan orang yang berupaya memperoleh kekuasaan tersebut," katanya.

Saiful juga menegaskan bahwa dalam demokrasi, pejabat eksekutif seperti presiden, gubernur, dan bupati dipilih oleh rakyat melalui pemilihan umum. Namun, dia menyoroti bahwa dalam proses demokrasi, praktik politik dinasti dapat terjadi jika ada unsur hubungan keluarga antara yang berkuasa dan yang mencari jabatan.

Survei ini dilakukan pada 29 Oktober–5 November 2023 terhadap 2.400 responden yang berusia 17 tahun atau lebih. Sampel sebanyak 2.400 responden dipilih secara acak dari populasi tersebut. Responden terpilih diwawancarai secara langsung. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 2,3% pada tingkat kepercayaan 95% (berdasarkan asumsi simple random sampling).

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut