get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Cilacap Kreatif Putar Film Dokumenter Pantjak, Ceritanya Bikin Terharu

Kamis, 23 November 2023 | 20:20 WIB
header img
Cilacap Kreatif Putar Film Dokumenter Pantjak. Kiri: Dismas Panglipur (sutradara), tengah: Olyvia Jasso (script writer), kanan: Romi Angger Hidayat (producer). Foto: Dok Cilacap Kreatif

CILACAP, iNewsPurwokerto.id – Terinspirasi dari Bupati pertama Cilacap, R. Tumenggung Tjakrawedana, sineas muda asal Cilacap mendokumentasikan menjadi sebuah film dokumenter berjudul "PANTJAK". Film ini sendiri disutradarai oleh pemuda asal Cilacap, Dismas Panglipur dan diproduseri oleh Romi Angger Hidayat atau akrab disapa Bang Jabrand. 

Event yang dalam semua episodenya telah diselenggarakan di area Eks Pemintalan Cilacap pada Sabtu (7/10) lalu, menceritakan tentang Peken Banyumasan Tjilatjap Edition – Tjakrawerdana IV sejak awal diadakan. Film dokumenter ini diputar kembali pada Selasa - Rabu (21-22/11) di Dakota Cinema Plaza cilacap dengan harapan bisa berdampak baik untuk membangun ekonomi kreatif di Cilacap.

“Membangun ekosistem ekonomi kreatif bukan cuma tugas satu orang atau satu pihak saja. Bergerak berdampak baik sesama insan kreatif, adalah makna yang coba dibangun oleh Cilacap Kreatif dalam menginisiasi cipta ruang Peken Banyumasan & Peken Tjilatjapan selama 4 episode dengan tema Tjakrawedana yang terinspirasi dari Bupati pertama Cilacap," kata Romi Angger Hidayat, founder Cilacap Kreatif, dalam keterangannya, Kamis (23/11/2023).

Sineas muda yang yang merupakan mahasiswa STT Telkom Purwokerto memberikan alasan mengapa film dokumenter tersebut diberi judul Pantjak. Menurutnya, latar belakang tersebut berawal dari Peken (peken Tjilatjapan). Tjakrawedana sendiri merupakan bupati pertama Cilacap, dan Tjakrawedana itu hanya sampai empat. 

“Karena kita sebagai orang Cilacap, sebagai Tjakrawedana. Kita Tjakrawedana kelima. Orang-orang yang bisa mengembangkan Cilacap dalam dunia kreatif dan lain-lainlah. Yang kita ingin ajak di sini anak-anak kreatif untuk mengaktifkan ruang-ruang historical di Cilacap agar tidak mati. Di pemintalan ini ingin kita aktivasi karena merupakan pabrik pemintalan terbesar di Asia Tenggara (saat itu). Jadi, panca artinya lima dan Tjakrawerdana," jelas Dismas.

Ratusan orang hadir untuk menyaksikan pemutaran perdana film Pantjak di Dakota Cinema Plaza cilacap. Sebagian besar datang bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam berbagai organisasi atau komunitas. Termasuk diantaranya adalah Pemerintah Kabupaten Cilacap datang memberikan dukungan. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut