get app
inews
Aa Read Next : Perhitungan Cepat Menangkan Prabowo-Gibran, Bolone Mase Cilacap Sujud Syukur

Bolone Mase Gelar Festival Kentongan di Banyumas 

Sabtu, 02 Desember 2023 | 19:40 WIB
header img
Sebanyak 22 grup kentongan berbagai wilayah di Banyumas Raya mengikuti Festival Kentongan yang digelar oleh Bolone Mase Banyumas. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Sebanyak 22 grup kentongan berbagai wilayah di Banyumas Raya mengikuti Festival Kentongan yang digelar oleh Bolone Mase Banyumas.

Suasana begitu ramai dan mendapat animo dari ribuan penonton yang datang ke GOR Satria Purwokerto, tempat perhelatan Festival Kentongan.

Koordinator Bolone Mase Banyumas Supriyanto mengatakan bahwa Festival Kentongan Banyumas Raya merupakan bentuk kepedulian terhadap budaya khas Banyumas.

“Ternyata saat gelaran, banyak yang berminat untuk menjadi peserta festival. Di sisi lain, penonton juga membeludak, karena ada ribuan warga yang hadir,”katanya.

Menurutnya, ada 22 grup kentongan yang mengikuti festival. Dari 22 grup, 20 di antaranya berasal dari Banyumas. Sedangkan dua lainnya, masing-masing satu dari Purbalingga dan Brebes,”ujarnya.

Dikatakan oleh Supriyanto, selain ada Festival Kentongan, juga menampilkan Sendra Tari dari Sanggar Ngoedi Lestari Santosa Baturraden.

Supriyanto menambahkan, 22 grup kentongan merupakan wahana dari para pegiat untuk berekspresi khususnya bagi para pelaku kesenian kentongan.

“Festival ini sebagai ajang untuk para pegiat budaya khususnya kentongan untuk berekspresi dan menampilkan keterampilannya kepada khalayak umum,”katanya. 


Selain itu, festival ini merupakan bentuk kepedulian Bolone Mase Banyumas terhadap kebudayaan Banyumas serta untuk nguri uri kebudayaan Banyumas khususnya kenthngan.

Dalam kesempatan itu, Bolone Mase juga membagikan alat peraga kampanye (APK) berupa sticker dan kaos bergambar pasangan Prabowo-Gibran kepada para penonton.
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut