get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Ganjar-Kang Emil Sebut Masjid Seribu Bulan Sabit Bakal jadi Ikon Kota Purwokerto

Jum'at, 07 Mei 2021 | 21:15 WIB
header img
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat groundbreaking pembangunan Masjid Seribu Bulan Sabit di Purwokerto. (Foto: Masruri)

PURWOKERTO, iNews.id - Kabupaten Banyumas tidak lama lagi akan memiliki masjid agung baru di tengah Kota Purwokerto. Dua tokoh nasional punya andil dalam pembangunan masjid tersebut. Yakni Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Keduanya juga sepakat, masjid agung ini tidak hanya akan menjadi tempat ibadah, tetapi juga ikon Kota Purwokerto.

Dalam peresmian pembangunan masjid, Ganjar memimpin langsung proses groundbreaking dengan penggalian lubang tiang pancang, Jumat (7/5/2021).

Sementara Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil adalah sang designer dari Masjid Agung Purwokerto. Konsep Masjid Agung Seribu Bulan Sabit ini terinspirasi malam lailatul qadar, malam turunnya Al Quran. 

Masjid yang terletak di Jl Bung Karno Purwokerto itu rencananya bisa menampung hingga 3.000 jemaah, dan menjadi yang terbesar di Banyumas.

"Insya Allah akan menjadi masjid yang ikonik dan menjadi landmark yang dibangggakan orang Banyumas. Tentu yang penting adalah masjid yang paling makmur kalau orang datang untuk salat," katanya melalui tayangan video.

Ia menyampaikan selamat atas dimulainya proses pembangunan, dan berharap bisa selesai dengan cepat sehingga bisa segera meramaikan kegiatan keagamaan di Banyumas.

"Selamat atas groundbreaking pembangunan masjid. Kalau sudah siap, Insya Allah saya cari waktu untuk bisa ke Banyumas," katanya.

Masjid Agung Purwokerto berkonsep seribu bulan sabit ini juga diapresiasi Ganjar.

“Ini bagus sekali, arsitekturnya bagus banget karena dibuat oleh pak Ridwan Kamil. Hari ini Kang Emil ndak hadir, diwakili Kang Uu (Uu Ruzhanul Ulum), Pak Wagub Jabar yang hari ini hadir secara langsung,” kata Ganjar.

Ditambahkan, Masjid Agung Purwokerto itu dibangun di kawasan strategis. Di tempat itu pula nantinya akan dibangun gedung DPRD Banyumas.

“Jadi area ini sangat strategis, karena kemungkinan akan menjadi kota baru. Sehingga, pembangunan masjid di sini akan menjadi landscape yang menarik bagi Purwokerto dan Banyumas,” terangnya.

Tak hanya fisik, Ganjar berharap Masjid Agung Purwokerto bisa menjadikan mental dan spiritual masyarakatnya lebih baik.

“Semoga masjid ini makmur, berkah dan tentu bisa mengarahkan pada nilai-nilai moderasi beragama. Pengalaman Banyumas sudah bagus sekali soal kerukunan antarumat beragama, tinggal melanjutkan saja,” pungkasnya.

Editor : Masruri

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut